Makan Sup Labu, Dua Wanita Ini Mengalami Rambut Rontok

rambut-rontok-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Suka makan sup labu? Jangan sembarangan mengonsumsinya ya, apalagi jika ternyata rasanya pahit. Bisa-bisa malah mengalami nasib buruk seperti dua wanita ini yaitu rambut rontok setelah makan sup labu.

Dikutip dari Science Alert, dua orang wanita mengalami alopecia hanya beberapa minggu setelah mengonsumsi labu. Memang, labu ini tidak biasa, melainkan labu yang berjenis pahit dan mirip dengan pare. Namun, yang tidak disangka adalah, konsumsi sup labu ini memicu keracunan cucurbit yang membuat rambut kedua wanita ini rontok.

Pakar dermatologi bernama Philippe Assouly dari Saint Louis Hospital yang ada di Prancis menyebutkan bahwa kandungan di dalam sup labu dan hidangan penutup yang dikonsumsi oleh kedua wanita inilah yang memicu kerontokan rambut. Untungnya, sup labu yang dikonsumsi keduanya berasal dari labu yang jarang disediakan di pasaran.

sup-labu-doktersehat

Konsentrasi kandungan cucurbitacin dalam beberapa jenis labu-labuan ini bisa semakin tinggi jika tidak mendapatkan air yang cukup. Hal ini akan membuat rasa dari labu tersebut menjadi lebih pahit dari biasanya. Sayangnya, dalam beberapa kasus yang cukup jarang terjadi, rasa pahit dari cucurbitacin ini juga bisa memicu gejala keracunan.

Beberapa gejala yang bisa disebabkan oleh konsumsi cucurbit dengan berlebihan adalah kram perut, diare, dan jantung berbedar. Selain itu, keracunan ini juga bisa memicu trichorrhecis nodosa, perubahan struktur pada batang rambut yang membuatnya rontok. Hanya saja, kasus kerontokan karena keracunan cucurbit ini sepertinya adalah yang pertama kali terjadi.

Dalam kasus yang kemudian dilaporkan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) ini disebutkan bahwa kedua wanita ini mengalami mual-mual dan diare dalam waktu 24 jam setelah mengonsumsi labu pahit. Setelah beberapa pekan, rambut dari kulit kepala dan beberapa bagian tubuh lainnya mulai rontok.

Melihat adanya fakta ini, jangan sembarangan mengonsumsi makanan yang pahit-pahit ya. Bisa jadi itu adalah tanda bahwa makanan tersebut memang tidak cocok bagi kita.