Terbit: 9 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika pola makan menjadi salah satu hal yang paling berpengaruh pada risiko terkena diabetes. Salah satu waktu makan yang sebaiknya harus kita perhatikan demi mencegah datangnya penyakit ini adalah makan siang. Lantas, makan siang seperti apa yang bisa mencegah diabetes?

Makan Siang Dengan Ini Mampu Mencegah Diabetes

Pakar kesehatan dari Harvard School of Public Health menyebutkan bahwa agar tidak terkena diabetes, ada baiknya kita membawa bekal makan siang sendiri alih-alih membelinya di tempat makan. Dalam penelitian yang dilakukan para ahli dari tempat tersebut, disebutkan bahwa membawa bekal makan siang sendiri bisa menurunkan risiko terkena diabetes hingga 13 persen. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan kita untuk memilih makanan dengan kadar gizi tidak seimbang saat membeli makanan untuk makan siang.

Dengan membawa bekal makanan sendiri, kita cenderung lebih selektif dalam memilih makanan apa yang bisa kita konsumsi. Sebagai contoh, kita bisa memperhatikan asupan serat, bukannya hanya mengonsumsi gorengan atau makanan cepat saji sebagaimana yang kerap dilakukan pada orang-orang yang tidak membawa bekal makan siang.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan serat minimal 10 gram dalam sehari demi mencegah datangnya diabetes. Sumber serat ini bisa berasal dari sayuran, buah, beras merah, gandum, dan lain-lain. Beberapa jenis buah yang disebut-sebut bisa menurunkan risiko diabetes adalah pisang, apel, anggur, dan blueberry.

Selain itu, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk memperbanyak asupan kentang dan tomat yang kaya akan potasium, nutrisi yang mampu menjaga kesehatan ginjal dan jantung dengan lebih baik. Hal ini bisa membantu kita mencegah datangnya resistensi insulin, salah satu pemicu masalah diabetes.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Hal lain yang perlu kita perhatikan demi mencegah datangnya diabetes adalah jangan sembarangan mengonsumsi minuman manis di siang hari. Meskipun bisa menyegarkan, minuman yang kaya gula seperti teh manis, sirup, atau minuman manis lainnya bisa meningkatkan risiko diabetes hingga 26 persen. Ada baiknya kita minum air putih saja yang lebih sehat.

Kalau Sobat Sehat biasa membawa bekal makan siang tidak?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi