Makan Roti Setelah Nasi Bisa Cegah Diabetes?

Manfat-risiko-sarapan-roti-bakar-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/ Brighton Guy

DokterSehat.Com– Mengonsumsi makanan berkarbohidrat berlebihan disebut-sebut bisa memberikan efek tidak baik bagi kesehatan. Sebagai contoh, pakar kesehatan meminta kita untuk tidak mengonsumsi mie dan nasi bersamaan. Lantas, bagaimana jika kita mengonsumsi roti dan nasi dalam waktu dekat. Apakah hal ini juga bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul BMJ Open Diabetes Research and Care menghasilkan fakta tentang kebiasaan makan roti dalam waktu yang berdekatan, baik itu makan roti sebelum makan nasi atau makan roti setelah makan nasi. Tak disangka, kebiasaan ini ternyata bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dan akhirnya berimbas pada pencegahan datangnya diabetes dengan lebih baik.

Dilansir dari Times of India, penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 16 orang dewasa yang menderita diabetes tipe 2. Para partisipan ini kemudian diminta untuk mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk dan porsi yang berbeda-beda. Mereka juga diminta untuk mengonsumsi makanan sehat dengan kandungan protein dan serat seperti beberapa jenis sayuran tertentu. Hanya saja, konsumsi karbohidrat ini dilakukan secara terpisah dua kali, tepatnya sebelum dan setelah mengonsumsi makanan berupa sayuran dan makanan berprotein.

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa makan roti setelah nasi justru bisa membuat kadar gula darah terkendali. Hanya saja, hal ini juga disertai catatan bahwa asupan serat, protein, dan nutrisi lainnya harus dilakukan dengan simbang setiap hari. Meskipun begitu, para peneliti juga belum benar-benar menemukan alasan mengapa kadar gula darah bisa tetap terjaga keseimbangannya setelah makan roti dan nasi dalam waktu yang berdekatan.

Demi mencegah datangnya diabetes, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak lagi sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan gula dan kalori. Selain itu, pastikan untuk selalu rajin berolahraga setiap hari demi membakar kalori di dalam tubuh, tidak makan dengan berlebihan setiap hari, menjaga berat badan tetap ideal, selalu mengonsumsi sarapan setiap hari sebelum pukul 09.00, dan menghindari makanan berlemak dan berminyak.

Dengan melakukan gaya hidup yang lebih sehat, maka risiko untuk terkena diabetes pun bisa ditekan.