Terbit: 20 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali mitos dan anggapan tentang makan pisang. Masalahnya adalah tidak semua mitos ini sesuai dengan fakta kesehatan. Sebagai contoh, kita tentu pernah mendengar anggapan yang menyebut makan pisang bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Sebenarnya, apakah anggapan ini memang sesuai dengan fakta kesehatan?

Makan Pisang di Malam Hari Bisa Bikin Tidur Nyenyak?

Manfaat Pisang bagi Kualitas Tidur

Sebagian besar orang mengonsumsi pisang di pagi hari karena dianggap cocok untuk dijadikan menu sarapan. Apalagi bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Sementara itu, ada juga orang yang menganggap pisang sebagai camilan yang cocok untuk dikonsumsi di antara waktu makan. Padahal, pakar kesehatan lebih merekomendasikan kita untuk makan pisang di malam hari, khususnya di waktu sebelum tidur.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan mineral yang cukup tinggi di dalamnya. Sebagai informasi, mineral ini adalah asam amino yang bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu, kita juga bisa menemukan kandungan potasium yang bisa membuat otot menjadi lebih rileks sehingga kita pun bisa dengan mudah memejamkan mata dan tidur dengan nyenyak.

Pakar kesehatan menyebut di dalam satu buah pisang berukuran besar memiliki sekitar 487 mg potasium atau sekitar 10 persen dari kebutuhan potasium harian tubuh. Sementara itu, di dalam pisang dengan ukuran besar juga terdapat magnesium dengan jumlah 37 mg atau sekitar 12 persen dari kebutuhan manusia dewasa. Kandungan-kandungan ini bisa memberikan efek layaknya obat tidur.

Di dalam pisang juga bisa ditemukan triptofan, sejenis asam amino yang juga mampu membuat kita tidur dengan lebih cepat. Kandungan ini akan membuat produksi hormon serotonin yang membuat tubuh dan pikiran lebih nyenyak dan hormon melatonin yang membuat kita mengantuk meningkat dengan signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Pineal Research, dihasilkan fakta bahwa orang dewasa yang makan pisang akan mengalami peningkatan kadar hormon melatonin dalam waktu dua jam usai makan pisang. Hal ini akan membuat mereka lebih mengantuk dan mudah terlelap.

Jika konsumsi pisang ini juga dilanjutkan dengan konsumsi susu hangat, efeknya dalam membuat mudah mengantuk dan tidur lebih nyenyak juga semakin meningkat. Karena alasan inilah memang sebaiknya kita rutin makan pisang di malam hari demi membuat kualitas tidur kita semakin membaik.

Berbagai Manfaat Pisang Lainnya bagi Kesehatan

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika rajin makan pisang.

Berikut adalah manfaat-manfaat tersebut.

  1. Bisa Mengatasi Hipertensi

Di dalam pisang terdapat kandungan kalium yang bisa membuat tekanan darah terjaga. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam mengendalikan cairan tubuh dan elektrolit. Kalium juga bisa mencegah penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang bisa memicu hipertensi dan kolesterol tinggi.

  1. Memperbaiki Laju Metabolisme

Rutin makan pisang yang tinggi kandungan serat akan membuat laju pencernaan dan sistem pencernaan semakin membaik. Kita pun akan lebih mudah melakukan buang air besar dan menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Menguat

Kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C di dalam pisang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini akan membuat kita tidak akan mudah terkena infeksi atau berbagai macam penyakit.

  1. Membuat Kinerja Otak Semakin Membaik

Kandungan potasium di dalam pisang ternyata bisa membuat fungsi jantung meningkat. Sirkulasi darah pun akan semakin membaik, khususnya yang menuju bagian otak. Hal ini berarti, rutin makan pisang bisa membuat otak mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup sehingga fungsinya pun membaik.

  1. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi di dalam pisang sangatlah tinggi. Hal ini bisa membantu mencegah atau mengatasi masalah anemia.

 

Sumber:

  1. 2018. Khasiat dan Manfaat Pisang. p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/khasiat-dan-manfaat-pisang. (Diakses pada 20 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi