Sudah menjadi rahasia umum jika pisang adalah salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan. Hanya saja, penelitian terbaru membuktikan bahwa rutin makan pisang ternyata bisa membantu mencegah datangnya flu, salah satu penyakit yang sering muncul di musim hujan seperti sekarang ini. Bagaimana cara pisang bisa mencegah datangnya penyakit ini?

pisang-flu-doktersehat

Pisang Mencegah Flu

Penelitian yang dilakukan di Michigan University dilakukan dengan menggunakan tikus percobaan yang sedang mengalami flu. Hasil dari penelitian ini adalah, tikus yang mendapatkan senyawa yang berasal dari buah pisang mengalami penurunan kondisi flu sekaligus peningkatan harapan hidup dengan signifikan.

Salah satu peneliti yang terlibat, David Markovitz, MD menyebut pisang sepertinya bisa dijadikan solusi alami untuk dijadikan antivirus flu. Dia juga menyarankan siapa saja yang ingin mencegah datangnya penyakit ini atau ingin segera meredakannya untuk makan rutin makan pisang.

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Prosiding National Academy of Sciences Journal ini, disebutkan bahwa 80 persen tikus yang dilibatkan berada dalam kondisi flu yang bisa saja membunuh mereka kapan saja. Setelah itu, sebagian tikus mendapatkan semacam suntikan senyawa dari dalam pisang. Setelah 72 jam, para tikus yang mendapatkan senyawa ini mengalami kemajuan kondisi kesehatan secara drastis.

Senyawa yang dimaksud adalah protein berjenis H84T dan didapatkan dari lektin di dalam pisang. Senyawa ini bisa memblokir virus flu agar tidak bisa menyatu dengan endosome, semacam struktur dalam sel manusia yang bisa berimbas pada infeksi. Hal ini berarti, tak hanya mengatasi flu, senyawa ini sepertinya memang bisa mencegah datangnya flu.

Para peneliti akan kembali melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah senyawa protein di dalam pisang ini juga bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya seperi MERS, SARS atau penyakit yang disebabkan oleh virus corona.

Melihat fakta ini, tak ada salahnya untuk rutin makan pisang setiap hari demi mencegah datangnya flu dan masalah kesehatan lainnya.

Berbagai Manfaat Rutin Makan Pisang

Selain bisa mencegah flu, pakar kesehatan menyebut ada manfaat kesehatan lain yang bisa didapatkan jika rutin makan pisang.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Menyediakan Energi

Pakar kesehatan menyebut pisang sebagai salah satu buah yang bisa menyediakan energi. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula alaminya yang bisa dengan cepat diolah tubuh menjadi sumber tenaga. Kita pun bisa melakukan berbagai aktivitas. Selain dikonsumsi di pagi hari, kita juga bisa mengonsumsinya saat tubuh mulai terasa lelah.

  1. Mengatasi Anemia

Anemia atau kekurangan zat besi bisa diatasi dengan makan pisang. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi di dalam pisang yang cukup tinggi.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Pakar kesehatan menyebut rutin mengonsumsi pisang bisa memperaiki kondisi pencernaan dengan signifikan. Tak hanya karena tinggi kandungan serat. Hal ini juga disebabkan oleh adanya kandungan vitamin C dan kandungan anti inflamasi di dalamnya yang bisa mengatasi peradangan pada saluran pencernaan. Masalah perut kembung atau sembelit bisa diatasi jika kita mengonsumsinya.

  1. Mengendalikan Berat Badan

Rutin makan pisang setiap hari terbukti bisa membantu mengendalikan berat badan. Jika kita sedang berada dalam program diet, sangat disarankan untuk menjadikan pisang sebagai camilan.

  1. Mengatasi Kram

Jika kita mengalami masalah kram otot, cobalah untuk mengonsumsi pisang untuk mengatasinya. Kandungan kalsium di dalam buah pisang juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tulang.

 

Sumber

  1. Sullivan, Eliza. 2020. Researchers Have Turned To The Banana For Ways To Help Us Fight The Flu.mindbodygreen.com/articles/this-is-how-bananas-may-help-us-fight-flu. (Diakses pada 24 Januari 2020).