Terbit: 21 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang Indonesia akan merasa kurang mantap jika makanan yang dikonsumsinya tidak memiliki rasa yang pedas. Makanan pedas dikenal luas bisa membuat nafsu makan meningkat, bahkan ada yang menyebutkan bahwa hobi makan pedas bisa membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat. Sebenarnya, apakah makanan pedas memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Hobi Makan Pedas Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh?

Sebenarnya, terkadang kita mengalami gejala seperti sakit perut atau diare setelah makan pedas, namun menurut Medical Daily, selain jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan, sebenarnya hobi makan pedas memang bisa membuat tubuh seperti tidak mudah jatuh sakit.

Menurut sebuah penelitian, hobi makan pedas ternyata bisa membuat reseptor sensor di dalam tubuh mengalami penurunan sensitivitas secara perlahan sehingga membuat kita seperti merasa lebih kebal dari banyak hal, khususnya saat merasakan sakit. Kita pun akan merasakan sakit ini tidak separah sebagaimana orang-orang yang tidak suka makan pedas.

“Reseptor sensor di dalam tubuh bernama TRPV1 sebenarnya adalah sejenis protein yang mengeluarkan respons pada suhu panas di dalam makanan. Hal inilah yang membuat kita merasakan sensasi panas dan pedas saat mengonsumsi makanan pedas. Hanya saja, jika kita terlalu sering mengonsumsinya, apalagi jika level kepedasan ini sangatlah tinggi, maka sensitivitas dari reseptor sensor ini akan semakin menurun,” tulis Penelitian ini.

Hal ini berarti, hobi makan pedas sebenarnya tidak membuat kita tidak mudah jatuh sakit, melainkan menjadi lebih toleran dengan rasa sakit. Sistem kekebalan tubuh kita sebenarnya tetap sama saja dengan mereka yang tidak memiliki hobi makan pedas, namun kita seperti tetap merasa bugar meski kondisi tubuh sebenarnya mulai menurun.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Meskipun terlihat seperti hal yang baik, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bisa jadi hal ini merugikan kesehatan tubuh secara umum. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak begitu peka dalam merasakan gejala-gejala awal penyakit. Jika biasanya kita bisa langsung melakukan tindakan pencegahan atau mengatasi gejala-gejala ini, maka kita justru tidak melakukan apapun sehingga dikhawatirkan masalah kesehatan ini bisa menjadi semakin parah.

Hobi makan pedas boleh-boleh saja untuk dilakukan, namun pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan berlebihan, apalagi jika level kepedasan ini sangatlah tinggi karena dikhawatirkan akan bisa memicu gangguan pencernaan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi