Jangan Makan Pedas Saat Minum Antibiotik

sambal-doktersehat
Photo Source: resepista.blogspot.com

DokterSehat.Com– Makanan pedas adalah salah satu jenis makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang yang bahkan mengaku kurang mantap saat makan jika tidak ada sambal atau cabai. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak sembarangan mengonsumsi makanan pedas, apalagi jika kita sedang sakit dan harus mengonsumsi beberapa obat-obatan tertentu seperti antibiotik. Apa alasannya?

Pakar kesehatan Grace Lim Eng Fui dari Rumah Sakit Sengkang (SKH) Singapura menyebutkan bahwa pencinta makanan pedas dan kopi sebaiknya tidak mengonsumsi kedua makanan dan minuman ini jika sedang mengonsumsi antibiotik. Jika kita mengonsumsi kopi bersama dengan antibiotik, maka tubuh akan mengalami perubahan dalam cara memproses kafein. Proses ini akan menjadi sangat lambat dan hal ini akan membuat tubuh menjadi gelisah dan memicu sakit kepala.

Selain kopi, cokelat dan susu juga bisa membuat proses penyerapan antibiotik. Hal ini tentu akan membuat tubuh tak kunjung mendapatkan bantuan dalam melawan infeksi.

Khusus untuk makanan pedas, makanan ini memang bisa menyebabkan diare, apalagi jika level kepedasan makanan yang kita konsumsi luar biasa. Dalam beberapa kasus, diare bisa disebabkan oleh bakteri yang mengganggu saluran pencernaan dan harus disingkirkan dengan menggunakan antibiotik. Jika penderita diare juga tetap mengonsumsi makanan pedas atau minuman berkafein, maka kondisi diare dan mual-mual justru akan menjadi lebih parah.

Saat sakit, akan jauh lebih baik jika mengonsumsi makanan sehat dan kaya akan vitamin seperti sayuran dan buah-buahan. Selain itu, pastikan untuk memperbanyak asupan air putih yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria