Terbit: 5 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang sering ditemukan kasusnya di Indonesia dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa bagi penderitanya adalah radang usus buntu. Hanya saja, ada sebuah mitos yang menyertai penyakit ini, yakni hobi makan pedas bisa menjadi pemicunya. Yang menjadi masalah adalah, masyarakat Indonesia tergolong hobi mengonsumsi makanan pedas. Apakah kebiasaan suka makan pedas inilah yang membuat kita cenderung rentan terkena radang usus buntu?

Sering Makan Pedas Bikin Usus Buntu?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mitos makanan pedas bisa memicu usus buntu ternyata tidak benar adanya. Ada banyak sekali faktor yang bisa memicu usus buntu dan kita tidak bisa hanya menuding salah satu atau beberapa jenis makanan menjadi penyebab dari penyakit pencernaan ini. Hal ini berarti, hobi mengonsumsi makanan pedas tidak bisa dianggap sebagai penyebabnya.

Lantas, apa penyebab utama dari masalah usus buntu? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa usus buntu lebih sering disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak higienis atau adanya kotoran di dalam perut yang mencapai bagian usus buntu dan akhirnya memicu peradangan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu memastikan bahwa makanan yang kita konsumsi adalah makanan yang higienis saat diolah atau disajikan sebelum mengonsumsinya. Selain itu, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum makan demi mencegah masalah pencernaan, termasuk masalah usus buntu.

Meskipun makanan pedas bukan penyebab dari masalah usus buntu, bukan berarti kita bisa sembarangan mengonsumsinya. Jangan mengonsumsinya dengan berlebihan karena bisa mempengaruhi pencernaan kita dengan signifikan, apalagi jika rasa pedas dari makanan tersebut cukup ekstrem.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi