Makan Pedas Bisa Obati Sembelit?

sambal-doktersehat
Photo Source: resepista.blogspot.com

DokterSehat.Com– Salah satu gangguan pencernaan yang paling sering kita alami adalah susah buang air besar atau sembelit. Masalah kesehatan ini membuat perut terasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi makanan yang sangat pedas. Hal ini disebabkan oleh adanya kecenderungan bahwa setelah kita makan pedas, buang air besar menjadi lancar atau bahkan menjadi diare. Sebenarnya, apakah memang makan pedas bisa dijadikan obat sembelit?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa makanan dengan rasa yang sangat pedas seperti sambal memang bisa membantu buang air besar menjadi lebih lancar. Hanya saja, buang air besar yang kita alami berubah menjadi diare. Memang, hal ini akan cukup ampuh untuk mengatasi sembelit yang menyiksa, namun sebenarnya kita hanya mengatasi satu masalah dengan membuat masalah lainnya. Selain itu, diare juga tidak bisa disepelekan begitu saja.

Meskipun bisa membantu mengosongkan perut, diare sebenarnya menandakan terjadinya infeksi di dalam tubuh. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh kandungan yang pedas dari makanan yang mengiritasi saluran pencernaan. Jika memang tubuh bisa mengatasi iritasi ini, maka diare bisa sembuh dengan sendirinya, namun dalam beberapa kasus, diare ini bisa menjadi semakin parah dan memberikan dampak yang fatal bagi kesehatan.

Alih-alih mengonsumsi makanan pedas, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih, khususnya air putih hangat, mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran, dan banyak melakukan aktifitas fisik. Air putih bisa membantu melunakkan kotoran yang semakin mengeras akibat tidak kunjung dikeluarkan dari dalam tubuh. Serat bisa membantu melancarkan pencernaan, dan olahraga bisa merangsang kontraksi otot usus untuk mengeluarkan kotoran.

Jika memang cara ini masih belum mampu membantu mengatasi sembelit, ada baiknya kita tidak terburu-buru mengonsumsi obat pencahar. Meskipun bisa membantu mengatasi susah buang air besar, bisa jadi hal ini akan merusak mekanisme alami pembuangan kotoran tubuh dan di waktu lain, kita akan bergantung pada obat pencahar hanya demi buang air besar.

Segera datangi dokter jika memang masih sulit untuk buang air besar. Dokter akan mendiagnosis apa penyebab utama dari masalah ini dan memberikan obat atau terapi yang tepat untuk mengatasinya.