10 Manfaat Makan Oatmeal Setiap Hari, Bisa Menurunkan Kolesterol!

manfaat-makan-oatmeal-doktersehat

DokterSehat.Com– Oatmeal adalah makanan sarapan yang terdiri dari gandum dan cairan, seperti air, susu sapi, atau susu nabati. Manfaat makan oatmeal menyehatkan tubuh karena penuh dengan nutrisi dan serat, gandum adalah salah satu makanan yang paling bergizi yang bisa dikonsumsi. Kini oatmeal mudah ditemukan di Indonesia, hampir di setiap minimarket hingga supermarket telah menyediakan oatmeal instan.

Oatmeal terbuat dari gandum kering. Oat dianggap sebagai gandum utuh dengan sejumlah manfaat gizi. Rasa dan kandungan nutrisi oatmeal dapat ditingkatkan dengan menambahkan buah-buahan, susu atau tambahan lainnya. Mengingat fakta-fakta ini, tidak mengherankan bila oatmeal untuk diet.

Kandungan Oatmeal

Di dalam satu cangkir oatmeal, kita sudah bisa mendapatkan 150 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 3,56 gram lemak. Kandungan ini dianggap sudah cukup untuk menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Keberadaan serat yang tinggi juga mampu membantu tubuh memiliki rasa kenyang yang lebih lama sehingga tentu membuat kita tidak mudah tertarik untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Oatmeal adalah sumber karbohidrat dan serat yang baik, termasuk serat beta-glukan yang kuat. Oatmeal juga mengandung lebih banyak protein dan lemak daripada kebanyakan biji-bijian lainnya.

Manfaat oatmeal tidak diragukan lagi karena mengandung vitamin, mineral, dan senyawa tanaman antioksidan yang penting. Setengah cangkir (78 gram) gandum kering mengandung:

  • Mangan: 191%
  • Fosfor: 41%
  • Magnesium: 34%
  • Tembaga: 24%
  • Zat besi: 20%
  • Zinc: 20%
  • Folat: 11%
  • Vitamin B1 (thiamin): 39%
  • Vitamin B5 (asam pantotenat): 10%
  • Sejumlah kecil kalsium, kalium, vitamin B6 (piridoksin) dan vitamin B3 (niasin)

Ini berarti bahwa gandum adalah salah satu makanan padat nutrisi yang bisa Anda makan.

Manfaat Makan Oatmeal Setiap Hari

Inilah alasan mengapa makan oatmeal setiap hari dapat menyehatkan tubuh, berikut di antaranya:

1. Antioksidan

Manfaat makan oatmeal yang pertama dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, karena makanan ini mengandung antioksidan tingkat tinggi.

Oatmeal secara khusus mengandung polifenol, yang merupakan senyawa nabati yang kaya akan avenanthramides. Avenanthramides adalah jenis antioksidan yang ada hampir secara eksklusif di gandum. Avenanthramides dapat memberi manfaat bagi tubuh dengan:

  • Meningkatkan produksi asam nitrat, yang dapat menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan aliran darah
  • Mengurangi peradangan dan gatal-gatal

2. Manfaat makan oatmeal baik untuk diabetes

Oatmeal mengandung serat larut yang disebut beta-glukan yang dapat membantu meningkatkan respon insulin dan mungkin juga mengurangi gula darah.

Penderita diabetes tipe 2 mungkin dapat mengonsumsi oatmeal untuk membantu mengatur kadar gula darah, selama mereka tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan.

Sebuah tinjauan penelitian tentang manfaat oatmeal untuk penderita diabetes tipe 2 menemukan bahwa oatmeal memiliki efek positif pada kontrol gula darah. Para penulis menyatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menguji keamanan oatmeal bagi penderita diabetes tipe 1.

3. Menyediakan banyak vitamin dan mineral

Manfaat makan oatmeal dapat mencukupi vitami dan mineral dalam tubuh. Oatmeal adalah makanan kaya nutrisi yang mengandung banyak vitamin dan mineral namun rendah kalori.

Mengonsumsi makanan rendah kalori yang kaya nutrisi dapat memberi seseorang nutrisi yang dibutuhkan tubuh sambil membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Oatmeal untuk diet, tepat sekali bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

4. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat makan oatmeal juga dapat mengurangi kadar kolesterol total.
Ada beberapa bukti yang mendukung pernyataan bahwa manfaat oatmeal dapat mendukung kadar kolesterol sehat karena kandungan beta-glukannya.

Sebuah tinjauan tahun 2014 menetapkan bahwa oatmeal dapat mengurangi kadar kolesterol total jika Anda mengonsumsi 3 gram atau lebih beta-glukan sehari.

Menurut penelitian, beta-glukan menurunkan kolesterol lipoprotein densitas rendah, atau “kolesterol jahat”, tetapi tidak memengaruhi kolesterol lipoprotein densitas tinggi, atau “kolesterol baik.”

5. Menyehatkan pencernaan

Beta-glukan dalam oatmeal membentuk zat seperti gel ketika dicampur dengan air. Larutan ini dapat melapisi perut dan saluran pencernaan. Lapisan memberi makan bakteri baik dalam usus, yang meningkatkan tingkat pertumbuhan mereka dan dapat berkontribusi pada usus yang sehat.

Sebuah studi kecil yang meneliti efek oatmeal pada pertumbuhan bakteri menemukan bahwa itu bisa memiliki efek positif.

6. Menjaga berat badan

Oatmeal untuk diet karena kaya akan serat larut, jadi orang cenderung merasa kenyang lebih cepat setelah memakannya daripada mengonsumsi makanan lain. Merasa kenyang dapat membantu mengontrol porsi makan dan mencapai tujuan penurunan berat badan.

Para peneliti melihat efek oatmeal pada nafsu makan menyimpulkan, bahwa sarapan oatmeal membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan selama 4 jam ke depan.

7. Mengurangi risiko asma

Asma adalah kondisi umum yang sering berkembang selama masa kanak-kanak. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menjadi faktor risiko untuk mengembangkan penyakit asma, sementara yang lain dapat mengurangi risikonya.

Sebuah penelitian terhadap 3.781 anak-anak menentukan bahwa mereka yang makan gandum sebagai salah satu makanan pertama mereka lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit asma pada usia 5 tahun. Makanan lain yang dapat mengurangi risiko termasuk:

  • Gandum
  • Gandum hitam
  • Sereal gandum
  • Ikan
  • Telur

8. Manfaat oatmeal menghilangkan sembelit

Sembelit adalah masalah pencernaan yang sudah biasa memengaruhi hampir semua orang. Serat dalam oatmeal dapat membantu menjaga feses di saluran pencernaan tetap bergerak, yang dapat meredakan atau mencegah sembelit.

9. Menurunkan risiko kanker usus besar

Kanker usus besar mengerikan dan bisa sangat menyakitkan. Satu studi yang dikumpulkan oleh para peneliti di Inggris dan Belanda, menerbitkan bukti bahwa ada hubungan antara orang yang makan makanan tinggi serat (terutama dari biji-bijian dan sereal seperti gandum) dengan risiko lebih rendah terkena kanker kolorektal. Studi ini juga mencakup hampir 2 juta orang dan secara khusus menemukan bahwa untuk setiap tambahan 10 gram serat dalam makanan seseorang, ada pengurangan 10% dalam risiko mereka terkena kanker kolorektal!

Tidak ada salahnya makan oatmeal setiap hari untuk mengurangi risiko kanker usus besar kan, Teman Sehat?

10. Membantu mengatasi insomnia

Oatmeal adalah makanan sarapan, meskipun juga merupakan pilihan yang tidak biasa jika dimakan sebelum tidur. Bahkan, orang Skotlandia merekomendasikan makan semangkuk oatmeal di malam hari untuk membuat Anda merasa baik dan mempercepat rasa kantuk.

Mengapa manfaat makan oatmeal baik sebelum tidur?

Gandum sebenarnya mengandung melatonin dan karbohidrat kompleks yang dapat membantu lebih banyak triptofan masuk ke otak dan membantu Anda untuk tidur, menurut Dr.Oz. Selain itu, oatmeal mengandung banyak vitamin, termasuk B6, yang merupakan faktor pendamping yang juga membantu memproduksi lebih banyak serotonin dalam otak.

Tips Mengolah Oatmeal untuk Sarapan

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk menambahkan susu atau madu pada oatmeal yang kita konsumsi sehingga rasanya tidak begitu hambar. Namun, ada baiknya kita memilih susu rendah lemak yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan susu jenis lainnya. Selain itu, kita juga bisa menambahkan rempah seperti kayu manis, atau buah-buahan sehingga rasa oatmeal menjadi lebih nikmat. Jika kita ingin merasakan sensasi gurih pada oatmeal, kita bisa menambahkan bahan makanan tinggi protein seperti telur, kacang almond, atau kacang kenari.

Cara membuat oatmeal:

  • Didihkan 1,5 gelas susu atau air dalam panci kecil
  • Masukan 1 cangkir oat ke dalam susu yang sudah mendidih, Anda bisa menambahkan sedikit garam
  • Aduk dan didihkan sekitar 10 menit
  • Sisihkan oatmeal di mangkuk
  • Tambahkan toping sesuai selera, di antaranya: buah-buahan segar, kismis, madu, bubuk kayu manis, telur rebus, kacang almond, atau kacang kenari.

Nah, sekarang sudah tahu manfaat makan oatmeal setiap hari yang begitu menyehatkan. Jadi, tidak ada salahnya mengganti nasi dengan makan oatmeal untuk sarapan setiap hari kan, Teman Sehat?