Terbit: 20 Desember 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Wanita yang sedang hamil tidak  bisa makan sembarang makanan karena bisa menyebabkan gangguan pada janinnya. Oleh karena itu, beberapa dokter menyarankan wanita untuk memasakan makanannya sendiri agar kesehatannya tetap terjaga dengan baik dan peluang terjadi gangguan seperti keguguran akan kecil. Bagaimana dengan makan nanas saat hamil?

Apakah Makan Nanas Saat Hamil Bisa Keguguran?

Apakah semua buah dan sayuran baik untuk wanita? Jawabannya adalah ‘ya’. Ada kabar yang menyebutkan bahwa nanas bisa menyebabkan gangguan pada tubuh hingga memicu kondisi keguguran. Benarkah demikian? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Mitos makan nanas saat hamil

Selama ini kita sering sekali mendengar mitos kalau mengonsumsi nanas bisa menyebabkan keguguran dan gangguan janin lainnya. Orang-orang banyak percaya dengan mitos ini dan menghindari nanas selama 9 bulan penuh. Apa saja yang ada nanasnya mulai jus hingga kue sekali pun akan dihindari.

Sebenarnya nanas mengandung semacam enzim bernama bromealin. Hormon ini bekerja untuk memecah protein di tubuh dan berpotensi menyebabkan perdarahan abnormal. Itulah kenapa bromealin ini adalah enzim yang sangat dihindari saat kehamilan.

Lantas, apakah nanas masih boleh dikonsumsi? Jawabannya adalah masih. Bagian nanas yang mengandung bromealin adalah bagian inti atau tengah yang cenderung keras. Bagian buahnya hanya terdapat sedikit kandungan enzim. Selama masih mengonsumsi dalam jumlah yang tepat, kondisi keguguran tidak akan terjadi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Kandungan gizi nanas

Nanas mengandung cukup banyak nutrisi untuk tubuh. Nutrisi itu terdiri dari vitamin C, B6, potasium, asam folat, magnesium, mangan, serat, lemak, protein, dan karbohidrat. Dengan kandungan ini, manfaat dari nanas di bawah ini bisa didapatkan.

  • Mencegah masuknya penyakit karena ada kandungan antioksidan.
  • Mengandung enzim bromealin yang membantu pencernaan dan penyerapan sari makanan pada tubuh.
  • Menurunkan risiko kanker.
  • Mencegah inflamasi pada tubuh.
  • Mempercepat penyembuhan pasca operasi.

Cara mengonsumsi nanas yang benar

Nanas bisa dikonsumsi dengan banyak cara. Anda bisa menggunakan beberapa metode ini untuk memperbanyak variasi.

  • Dimakan langsung serelah dikupas. Setelah mengupas, usahakan untuk mencucinya dengan air garam. Terkadang lidah terasa gatal kalau dicuci langsung dengan air.
  • Anda bisa menambahkannya ke yoghurt untuk sedikit meminimalkan rasa asam dari susu fermentasi.
  • Jus dan juga smoothies bisa dibuat dari nanas dengan atau tanpa disaring terlebih dahulu.
  • Anda bisa menambahkan nanas ke dalam salad buah atau sayuran.
  • Anda bisa membuat nanas menjadi es setelah dimasukkan ke dalam cetakan.

Oh ya, karena saat hamil sangat rawan diabetes gestasional, sebisa mungkin tidak menambahkan banyak sirup atau gula.

Kapan harus waspada saat makan nanas?

Meski nanas bisa dimakan, jangan menggunakan buah ini setiap hari. Selain itu, kalau ada masalah di bawah ini sebisa mungkin untuk menemui dokter agar tidak terjadi masalah yang serius.

  • Terjadi alergi di sekitar mulut dan juga tenggorokan. Seperti yang dikatakan sebelumnya, nanas segar harus dicuci air garam terlebih dahulu.
  • Muncul asma setelah mengonsumsi beberapa kali dalam jumlah banyak.
  • Perut jadi nyeri dan Anda merasakan mual yang tidak normal.
  • Muncul perdarahan ringan setiap hari. Perdarahan ini memang efek dari bromealin, segera hentikan dan langsung menemui dokter.

Kalau Anda merasa takut untuk mengonsumsi nanas, tidak masalah. Ganti dengan buah lain yang sama-sama bermanfaat untuk tubuh karena mengandung vitamin untuk daya tahan tubuh.

Buah selain nanas yang direkomendasikan untuk wanita hamil

Selain buah nanas yang memberikan banyak manfaat, ada beberapa buah lain yang cocok untuk wanita yang sedang hamil, berikut beberapa rekomendasinya.

  1. Jeruk

Jeruk bisa dimakan dalam bentuk jus atau dimakan langsung saat masih segar. Dengan mengonsumsi jeruk, asupan vitamin C Anda akan terjamin setiap harinya. Kondisi gampang sakit akan mudah dicegah dan kemungkinan terjadi gangguan pada janin juga kecil.

  1. Avokad

Avokad adalah satu-satunya buah yang mengandung banyak sekali lemak nabati yang sehat, Mengonsumsi buah ini akan membuat Anda mudah kenyang dan kemungkinan terjadi obesitas akan rendah. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat, vitamin C, B, K, kolin, dan magnesium.

Mengonsumsi buah ini juga mencegah terjadinya gangguan pada kaki selama hamil dan mual setiap paginya. Buah ini juga membantu pertumbuhan otak janin sehingga tidak terjadi gangguan saat lahir.

  1. Pisang

Pisang mengandung potasium yang baik untuk menjaga daya tahan. Selain itu beberapa vitamin seperti B-6 dan C juga menambah kekebalan secara instan. Saat hamil, pisang juga bisa mengatasi gangguan tekanan di rahim, menurunkan kadar cemas yang memicu depresi, dan mencegah wanita mengalami gangguan suplai besi dalam darah.

  1. Apel

Apel baik sekali untuk pengganjal lapar yang dialami oleh wanita yang sedang hamil. Itulah kenapa buah yang mengandung banyak vitamin A dan C ini cocok untuk camilan. Dengan mengonsumsi ini wanita tidak akan mudah sakit dan janinnya akan selalu sehat. Selain itu, apel juga mencegah bayi mengalami asma dan alergi.

  1. Aneka beri

Aneka buah beri seperti blueberry atau stroberi memberikan banyak manfaat pada tubuh sebagai pengganti karbohidrat dan juga menyuplai serat dan asam folat. Mengonsumsi buah ini akan menghindarkan wanita hamil dari diabetes gestasional yang sangat berbahaya. Oh ya, usahakan buah yang dimakan masih segar dan tidak ditambah dengan gula.

Nanas adalah buah dengan kandungan vitamin C dan juga serat yang kaya. Mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup tidak akan memengaruhi kehamilan. Oleh karena itu, jangan terlalu mudah termakan mitos. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk menambah informasi Anda.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi