Dampak Makan Mie Instan Setiap Hari

mie_goreng_instan_doktersehat_3
Photo Source: Flickr/Valentin Janiaut

DokterSehat.Com– Harganya murah, rasanya enak, dan mengenyangkan. Tiga hal ini sudah cukup dijadikan alasan kuat untuk sering mengonsumsi mie instan. Hanya saja, apakah ada dampak kesehatan yang akan kita alami jika mengonsumsinya setiap hari?

Karena kaya akan kandungan karbohidrat, maka kita pun akan merasakan sensasi kenyang saat memakannya. Sayangnya, mie instan rendah kandungan sehat seperti serat, protein, mineral, dan vitamin. Selain itu, di dalam mie instan juga kaya akan kandungan MSG dan sodium atau garam. Sebagai informasi, di dalam seporsi mie instan terdapat 1.700 mg sodium atau sekitar 85 persen dari batasan maksimal garam yang dikonsumsi setiap hari.

Jika kita mengonsumsinya setiap hari, bisa dipastikan bahwa kita akan kekurangan asupan gizi yang sehat, apalagi jika kita tidak menambahkan sayuran, sumber protein, atau makanan lain saat makan mie instan. Jika sampai hal ini terjadi, kita akan mengalami masalah kurang gizi dan gangguan pada berbagai sistem atau organ tubuh karena kekurangan asupan nutrisi. Selain itu, karena mie instan juga kaya akan kandungan kalori dan garam, maka kita pun akan menjadi lebih rentan terkena kenaikan berat badan dan kenaikan tekanan darah. Risiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti obesitas, hipertensi, diabetes, hingga penyakit jantung pun meningkat.

Mengingat penyakit-penyakit ini berpotensi mematikan dan cenderung sulit untuk diobati, ada baiknya memang kita mencari cara untuk mencegah kedatangannya. Salah satunya tentu saja adalah dengan membatasi asupan mie instan meski kita sangat menyukainya. Sebagai contoh, cobalah untuk mulai menurunkan frekuensi makan mie instan secara perlahan hingga akhirnya mampu benar-benar membatasinya hingga sekali dalam sepekan. Selain itu, cobalah untuk memberikan bahan makanan pendamping yang lebih sehat seperti telur atau sayuran saat makan mie instan sehingga kita pun tidak akan mengalami masalah kurang gizi.

Demi mendapatkan tubuh yang sehat, ada baiknya kita mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang sehat dan seimbang setiap hari. Hindari makanan yang tinggi gula, garam, lemak jahat, bahan pengawet, dan bahan-bahan kimia lainnya yang berpotensi bisa menyebabkan datangnya masalah kesehatan.