Makan Malam Terlalu Banyak? Siap-Siap Bangun Pagi Kelaparan

Doktersehat-makanan-panas

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika makan malam dengan porsi yang banyak bisa membantu mencegah perut keroncongan saat bangun di keesokan harinya. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini justru akan membuat kita lebih mudah lapar di pagi hari. Kok bisa?

Pusat pengendali lapar kita sebenarnya bukan di perut, melainkan di otak kita, tepatnya pada bagian batang otak dan hipotalamus. Selain otak, keseimbangan kadar gula darah dan keberadaan hormon seperti ghrelin, leptin, tiroid, serta insulin juga berpengaruh besar pada munculnya rasa lapar.

Tatkala kita sudah selesai makan, maka secara alami kadar gula darah akan mengalami kenaikan. Kenaikan inilah yang kemudian membuat otak mengeluarkan sinyal kenyang pada perut kita. Setelahnya, hormon insulin diproduksi oleh pankreas demi memetabolisme gula darah ini ke dalam sel-sel sebagai sumber energi. Sekitar 5-6 jam setelah makan, maka kadar gula darah akan kembali menurun dan kita pun akan kembali merasa lapar.

Jika kita makan malam dengan porsi yang berlebihan atau terlalu malam, maka tubuh akan memproduksi insulin dalam jumlah yang lebih banyak demi memetabolisme gula darah. Proses ini akan tetap terjadi tatkala kita tidur malam. Alhasil, kadar gula darah justru menurun tatkala kita bangun pagi dan akhirnya membuat kita mengalami kelaparan. Saat sarapan, kita pun akan makan dengan porsi yang lebih besar atau bahkan ditambah dengan camilan yang tidak sehat.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk makan malam tidak terlalu larut dan tidak berlebihan porsinya demi mencegah munculnya rasa lapar saat bangun tidur keesokan paginya. Sebagai contoh, ada baiknya kita makan malam sekitar tiga jam sebelum tidur atau maksimal sekitar pukul 19.00. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar nutrisi yang seimbang. Sebagai contoh, jangan berlebihan dalam mengambil nasi. Imbangi dengan konsumsi sayuran hijau yang menyehatkan, dan jangan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti daging berlemak atau gorengan.

Pastikan pula untuk mengonsumsi minuman yang sehat saat makan malam seperti air putih, bukannya minuman manis, minuman bersoda, atau bahkan minuman beralkohol.