Hanya Makan Malam Dengan Buah, Berbahayakah?

Doktersehat-manfaat buah apel bagi kesehatan

DokterSehat.Com– Karena tidak ingin mengalami kenaikan berat badan, banyak orang yang memilih untuk makan malam hanya dengan buah. Logikanya, dengan hanya makan buah, perut akan terisi dan kita akan mendapatkan nutrisi yang menyehatkan sehingga tidak akan membuat berat badan naik. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini ternyata bisa membuat efek buruk bagi kesehatan. Apa alasannya?

Pakar kesehatan gizi Prof.dr. Hardinsyah, MS menyebutkan bahwa jika kita hanya makan malam dengan buah, maka kadar gula darah akan menjadi tidak seimbang. Apalagi jika kita mengonsumsi banyak makanan di siang hari namun di malam hari perut berada dalam kondisi kosong.

Menurut pakar gizi yang merupakan lulusan dari University of Queensland, Australia ini, ada baiknya kita tetap mengonsumsi makanan dengan memperhatikan keseimbangan nilai gizi. Hanya saja, khusus untuk makan hari, porsi makanannya sebaiknya dikurangi agar tidak terlalu banyak karena saat malam hari kita tidak melakukan aktivitas seberat di siang hari. Selain itu, Prof. Hardinsyah juga menyarankan kita untuk tidak makan malam setelah pukul 19.00 karena jika kita melakukannya, ada kemungkinan kita bisa mengalami kenaikan berat badan, apalagi jika kita terbiasa tidur cepat.

Hanya saja, jika kita sudah makan namun kembali merasa lapar di malam hari, khususnya menjelang waktu tidur, makan buah memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Kita bisa membuat perut kembali terisi namun tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan dengan signifikan. Selain itu, dengan memastikan perut tidak kelaparan sebelum tidur, maka kita pun akan mencegah datangnya masalah insomnia atau susah tidur akibat perut yang terasa tidak nyaman.

Prof. Hardinsyah tidak menyarankan buah yang kaya akan karbohidrat atau lemak seperti avokad, mangga, dan pisang demi mengatasi rasa lapar di malam hari. Ia lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi buah seperti apel atau jeruk. Hanya saja, pastikan pula bahwa buah yang dikonsumsi tidak terlalu banyak. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi jus sayur yang juga sehat dan kaya akan serat. Dengan mengonsumsi serat, maka perut akan kenyang dalam waktu yang lama sehingga kita pun bisa tidur dengan nyenyak.