Makan Kentang Segini Baru Bisa Mengganti Nasi

doktersehat-kentang-rebus

DokterSehat.Com– Sudah banyak dari kita yang tahu bahwa kentang merupakan makanan yang dapat dijadikan pengganti nasi. Kentang cukup mudah kita dapatkan karena cukup banyak jenis olahan masakan yang menggunakan kentang sebagai bahan dasarnya, selain itu produk jajanan atau snack belakangan ini banyak yang memberikan inovasi produk olahan kentang. Kira-kira apa iya kentang bisa dianggap sebagai pengganti nasi?

Kentang merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat. Kentang mudah kita peroleh dalam bentuk olahan jajanan seperti keripik kentang. Selain itu kita umumnya mengolah kentang sebagai tambahan pada masakan atau olahan sayur misalnya sup sayur, perkedel kentang atau masakan lainnya yang berbahan dasar kentang.

Kandungan karbohidrat yang tinggi pada kentang ini sama dengan kandungan nasi yang juga kaya karbohidrat. Kedua makanan ini merupakan sumber karbohidrat sehingga keduanya sama-sama bisa dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Banyak dari kita yang menganggap dengan makan kentang berarti sudah dapat mengganti nasi tanpa memerhatikan porsi. Padahal porsi penting diperhatikan karena apabila porsi yang dikonsumsi tidak tepat maka bisa-bisa kebutuhan kalori yang biasanya mampu terpenuhi dari nasi, malah jadi tidak bisa dipenuhi karena porsi kentangnya tidak sesuai.

Menurut Kementrian Kesehatan RI dalam Pedoman Gizi Seimbang, satu porsi nasi (100 gram) baru akan sama kandunganya dengan kentang apabila kentang dikonsumsi sebanyak 210 gram. Angka ini bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi 2 buah sedang kentang. Sehingga apabila kita ingin mengganti nasi dengan kentang, kita perlu memerhatikan bahwa kentang yang harus dikonsumsi adalah sebanyak dua buah kentang.

Hal ini dapat diterapkan dengan mudah apabila kita mengonsumsi kentang yang masih dalam bentuk utuh (masih berupa kentang segar atau butiran) sehingga akan mudah bagi kita dalam memperkirakan berapa porsinya. Selain itu pengolahan kentang sebaiknya dalam bentuk rebus agar kandungan kentang bisa semirip mungkin dengan nasi yang umumnya diolah dengan dikukus. Bingung olahan seperti apa yang tepat untuk mengganti nasi dengan kentang? Bisa dicoba mengolah kentang menjadi olahan-olahan menarik seperti mashed potato. Selain enak olahan ini juga bisa memenuhi porsi kentang sebagai pengganti nasi.