Daftar Makanan Ini Terbukti Mencegah Risiko Diabetes

keju-doktersehat
Photo Credit Flickr.com/Sasa Pahic Szabo

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyebutkan bahwa untuk menurunkan risiko terkena diabetes, ada baiknya rutin mengonsumsi keju, apel, dan yoghurt. Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi minuman yang enak seperti kopi atau teh secara rutin.

Konsumsi empat cangkir kopi bisa menurunkan risiko diabetes hingga 50 persen. Sementara itu, minum dua cangkir teh setiap hari bisa menurunkan risiko terkena penyakit ini hingga 5 persen lebih rendah.

Dikutip dari The Sun, pakar kesehatan dari Oxford University bernama Dr. Pamela Dyson yang juga terlibat dalam penulisan Diabetes UK Guidelines, semacam pedoman untuk mencegah dan menangani masalah kesehatan ini, menyebutkan bahwa untuk pertama kali para ahli menyebut nama makanan, tak lagi nutrisi apa saja yang bisa menurunkan risiko diabetes.

Sebelumnya, kebanyakan peneliti lebih sering menyebut nutrisi apa saja yang perlu kita konsumsi atau hindari demi mencegah penyakit ini. Padahal, menurut Dr. Dyson, pesan ini sulit untuk dipahami masyarakat karena kita cenderung hanya mengetahui apa nama makanan yang kita konsumsi.

Bahan makanan lain yang juga sangat direkomendasikan untuk mencegah diabetes adalah nasi cokelat, anggur, blueberry, sayuran hijau, dan produk susu rendah lemak. Untuk makanan yang perlu dihindari adalah daging merah seperti steak dan kentang, khususnya yang dijadikan keripik. Minuman manis yang kaya gula dan makanan kaya karbohidrat olahan seperti roti putih, pizza, dan daging olahan juga sebaiknya dihindari.

Dr. Duane Mellor dari Coventry University menyebut tak hanya pola makan, kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat lainnya demi mencegah datangnya penyakit ini seperti berolahraga, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, tidak merokok, dan tidur cukup.

Nah, yuk mulai mengonsumsi bahan makanan sehat tersebut supaya kita terhindar dari risiko diabetes.