Makan Kacang Bikin Jerawatan? Begini Faktanya

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

DokterSehat.Com– Siapa sih yang bisa tenang jika jerawat datang. Tak hanya bisa membuat penampilan kita menjadi terganggu,┬áada yang bahkan sampai┬ákehilangan rasa percaya diri hanya gara-gara munculnya jerawat. Banyak orang yang kemudian menduga-duga tentang penyebab dari jerawat ini, termasuk apa yang mereka makan beberapa hari sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh beberapa jenis makanan tertentu seperti kacang yang disebut-sebut bisa menyebabkan jerawat.

Jerawat yang muncul pada wajah seringkali disebabkan oleh kondisi hormon androgen dalam tubuh. Jika kulit kita sedang peka dengan hormon ini dan ditambah dengan adanya bakteri atau asam lemak pada kelenjar minyak, maka jerawat pun akan muncul. Selain itu, ada penyebab lain dari timbulnya jerawat adalah kondisi tidak stabilnya hormon saat kehamilan, kebiasaan malas membersihkan wajah, hingga mengkonsumsi makanan tertentu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School of Publick Health, Amerika Serikat, pada tahun 2005 dan 2006, disebutkan bahwa ada kaitan antara konsumsi susu sapi dan jerawat. Tak hanya itu, makanan dengan indeks glikemik tinggi juga bisa menyebabkan datangnya masalah kulit ini.

Lantas, bagaimana dengan konsumsi kacang yang disebut-sebut bisa menyebabkan jerawatan? Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari American Academy of Dermatology yang dipublikasikan hasilnya dalam The Journal of American Medical Association, disebutkan bahwa makan kacang tidak akan menyebabkan jerawat. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak yang ada dalam kacang adalah lemak tak jenuh yang justru baik bagi kesehatan. Hanya saja, karena kita seringkali mengkonsumsi kacang yang digoreng, maka kacang ini pun memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Kandungan lemak jenuh inilah yang ternyata bisa menyebabkan jerawat.

Jadi, jika anda adalah pencinta kacang namun tidak ingin terkena masalah jerawat, konsumsilah kacang panggang atau kacang rebus, bukannya kacang goreng.