Manfaat dan Cara Mengolah Kacang untuk Penderita Diabetes

gambar-kacang-tanah-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu camilan yang paling aman untuk dikonsumsi penderita diabetes adalah kacang. Tak hanya nikmat, kacang bisa membantu penderita diabetes menjaga asupan makanan hariannya agar tetap seimbang sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara drastis. Hanya saja, cara pengolahan dan konsumsi kacang harus diperhatikan demi bisa memberikan manfaat kesehatan dengan maksimal.

Manfaat kacang bagi penderita diabetes

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kacang jika dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa membantu mengendalikan gula darah

Indeks glikemik kacang ternyata sangat rendah, yakni di angka 13. Hal ini berarti, setelah makan kacang kadar gula darah tidak akan naik dengan cepat. Selain itu, di dalam kacang juga terdapat kandungan magnesium yang bisa mengendalikan kadar hormon insulin pada tubuh. Jika kita mengonsumsi 28 butir kacang tanah saja, maka kita sudah memenuhi kebutuhan 12 persen magnesium harian.

  1. Mencegah penyakit jantung

Di dalam kacang tanah terdapat kandungan lemak tak jenuh yang tinggi. Hal ini bisa membantu mencegah datangnya masalah kolesterol tinggi, salah satu penyebab utama dari penyakit jantung dan stroke. Selain itu, kacang ternyata juga memiliki kandungan fitokimia yang bisa memberikan perlindungan bagi tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit kronis.

  1. Membantu mengendalikan berat badan

Kandungan kalori di dalam kacang memang cukup tinggi, namun karena indeks glikemiknya rendah, kacang tidak akan memicu kenaikan gula darah meskipun bisa membuat perut menjadi lebih kenyang. Hal ini justru akan membantu kita menjaga pola makan dengan lebih baik agar tidak berlebihan dan tidak mudah tertarik untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

Cara mengolah kacang yang tepat

Penderita diabetes memang tidak bisa mengonsumsi makanan dengan sembarangan. Hal yang sama juga berlaku jika mereka ingin mengonsumsi kacang-kacangan. Mereka sebaiknya tidak sembarangan membeli kacang-kacangan yang sudah dikemas dan dijual di toko-toko atau minimarket. Bisa jadi kacang-kacangan ini sudah diberi tambahan perasa atau bahan kimia lainnya yang membahayakan kondisi mereka.

Pakar kesehatan lebih menyarankan penderita diabetes untuk mengolah kacang sendiri demi mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.

Berikut adalah beberapa cara pengolahan kacang yang baik.

  1. Kacang panggang

Kacang panggang sangat mudah untuk diolah sendiri. Kita tinggal memasukkan kacang mentah di dalam oven dan setelahnya kita bisa menikmati kacang yang nikmat dan renyah. Hanya saja, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dengan berlebihan, ya?

Ada baiknya kita tidak mengonsumsi kacang goreng karena biasanya kacang ini sudah tinggi kandungan lemak jenuh yang berbahaya bagi kondisi kesehatan penderita diabetes.

  1. Dijadikan selai

Alih-alih membeli selai kacang kemasan yang biasanya sudah diberi tambahan gula atau bahan-bahan lainnya, penderita diabetes bisa membuat selai sendiri yang dibuat dari kacang yang diberi tambahan madu murni. Selain ini bisa dijadikan camilan yang lezat dan mengenyangkan bagi penderita diabetes.

  1. Dijadikan campuran beberapa jenis makanan

Penderita diabetes bisa menjadikan beberapa jenis makanan dengan bahan dasar utama kacang. Sebagai contoh, kacang bisa diolah menjadi semacam cookies atau bahkan brownies yang bisa dijadikan camilan bagi penderita diabetes. Hanya saja, mengingat kadar kalori dari makanan-makanan ini biasanya cukup tinggi, sebaiknya mereka tidak sembarangan mengonsumsinya.

Berkonsultasilah pada dokter untuk mengetahui apakah penderita diabetes masih boleh mengonsumsi kacang atau tidak. Selain itu, mintalah saran yang tepat untuk mengetahui seberapa porsi atau frekuensi memakannya yang aman.