Terbit: 17 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga merupakan sebuah aktivitas kebugaran yang dilakukan dengan cara melatih tubuh menggunakan teknik dan gerakan tertentu. Oleh karenanya, setelah berolahraga, setiap orang pasti akan menjadi lapar dan haus karena energi serta cairan akan terkuras cukup banyak.

Setelah Olahraga Kok Jadi Pingin Junk Food?

Bagi Anda yang hobi berolahraga, pasti pernah mengalami sebuah kondisi di mana ada makanan tertentu yang terlihat sangat menggoda setelah olahraga. Salah satu makanan itu adalah junk food. Bahkan, jika hasrat itu tidak segera dilakukan, maka justru menjadi sebuah rasa penasaran yang mendalam sehingga rasa ingin itu dibawa sampai malam hari.

Junk food memang sangat menggoda ketika Anda usai berolahraga sehingga jika tak tersampaikan bisa terbawa mimpi. Yang menjadi pertanyaan, kenapa junk food bisa menjadi sangat menggoda ketika seseorang setelah berolahraga? Padahal masih banyak jenis makanan lainnya, tapi nyatanya junk food tetap yang paling menggoda untuk disantap.

Hal ini memang menjadi sebuah tanda tanya besar bagi sebagian orang. Berangkat dari hal tersebut menjadikan para peneliti melakukaj riset mendalam yang akhirnya menemukan sebuah kesimpulan. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Health Psychology itu mengatakan bahwa junk food memang benar sangat menggoda, baik dalam kondisi lapar ataupun kenyang.

Dalam kondisi perut kenyang saja bisa menggoda, apalagi ketika sedang lapar? Tentu saja rasa ingin menyantapnya semakin menggebu, bukan? Sebenarnya fenomena ini berhubungan langsung dengan faktor psikologi seseorang. Di mana otak mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk memuaskan hasratnya ketika lelah seusai berolahraga.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Terlebih, ketika banyak kalori yang terbakar ketika olahraga, maka bisa membuat tubuh meminta imbalan atau pengganti kalori tersebut dengan cara mengonsumsi junkfood. Selain itu, aroma yang dihasilkan oleh junk food bisa menstimulus tubuh menjadi sangat lapar dan ingin segera menyantapnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi