Setelah Makan Ikan Tidak Boleh Minum Susu?

DokterSehat.Com– Terdapat sebuah mitos yang dipercaya oleh banyak orang, yakni jika kita baru saja makan daging ikan, sebaiknya tidak minum susu. Jika kita melakukannya, dikhawatirkan akan menyebabkan gejala keracunan atau bahkan alergi kulit seperti gatal-gatal dan kulit kemerahan. Sebenarnya, apakah mitos ini sesuai dengan fakta kesehatan?

Bolehkan minum susu setelah makan daging ikan?

Pakar kesehatan menyebut daging ikan dan susu sebagai sumber protein yang sangat baik bagi kesehatan tubuh seperti memperbaiki atau membentuk jaringan dan sel. Hal ini tentu akan membantu tubuh tetap dalam kondisi yang bugar dan fit.

Beruntung, pakar kesehatan menyebut mitos bahwa minum susu setelah makan daging ikan berbahaya tidak sesuai dengan fakta medis. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi susu dan ikan bersamaan akan memberikan efek buruk. Bahkan, pakar kesehatan menyebut mengonsumsi keduanya justru akan membuat kita memenuhi kebutuhan protein, mineral, dan vitamin.

Hanya saja, ada kemungkinan minum susu setelah makan ikan bisa berbahaya

Pakar kesehatan menyebut minum susu setelah makan ikan bisa saja menyebabkan gejala alergi atau keracunan jika memang kita memiliki masalah alergi pada salah satu atau bahkan kedua makanan tersebut. Sebagai contoh, jika kita mengalami alergi ikan, alergi produk susu, atau masalah intoleransi laktosa, maka mengonsumsi kedua atau salah satu dari bahan makanan tersebut akan membuat kita mengalami dampak kesehatan, baik itu masalah pada kulit atau gangguan pencernaan.

Selain itu, jika ikan yang kita konsumsi ternyata tidak diolah dengan baik atau belum benar-benar matang dan susu yang kita konsumsi ternyata sudah menurun kualitasnya, maka bisa jadi kita akan terpapar kuman atau bakteri yang bisa menyebabkan datangnya penyakit.

Melihat adanya fakta ini, kita bisa memastikan bahwa minum susu setelah makan ikan tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan sehingga kita pun tetap bisa dengan tenang melakukannya. Hanya saja, jika kita memang mengalami kondisi kesehatan tertentu, bisa jadi kita akan mengalami masalah kesehatan.

Bolehkah minum susu setelah makan?

Pertanyaan lain tentang kebiasaan minum susu yang masih belum benar-benar dipahami masyarakat adalah apakah boleh minum susu setelah makan. Pakar kesehatan ternyata menyarankan kita untuk tidak mengonsumsinya secara berdekatan. Alasannya bukan karena akan menyebabkan efek kesehatan tertentu, namun karena akan membuat perut terasa sangat penuh atau begah. Hal ini tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman dan tidak bisa melakukan berbagai aktivitas dengan normal. Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsinya beberapa jam setelah atau sebelum makan.

Waktu terbaik untuk minum susu

Kebanyakan orang memilih untuk minum susu saat pagi hari atau malam hari sebelum tidur. Mereka menganggap waktu-waktu ini sebagai saat terbaik untuk minum susu. Padahal, menurut pakar kesehatan, tidak ada waktu terbaik untuk minum susu. Kita bisa mengonsumsinya kapan saja sesuai kebutuhan. Hal ini berarti, kita bisa saja mengonsumsinya saat pagi hari, siang hari, sore, atau bahkan malam hari.

Hanya saja, khusus bagi anak-anak, sebaiknya tidak minum menjelang waktu makan karena bisa membuat mereka kekenyangan dan akhirnya tidak mau makan. Padahal, mereka membutuhkan nutrisi dari makanan demi memastikan bahwa mereka bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Meskipun susu memang kaya nutrisi, mereka tetap saja membutuhkan nutrisi makanan, khususnya yang berupa kalsium yang memiliki peran besar bagi pertumbuhan dan kesehatan tulang.