Dampak Makan Gorengan di Larut Malam

gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Gorengan adalah salah satu makanan yang nikmat untuk dikonsumsi kapan saja. Sebagai contoh, kita bisa saja mengonsumsinya di malam hari sebagai teman saat mengobrol atau melihat acara televisi kesayangan. Selain itu, terkadang kita sayang dengan gorengan sisa yang sebelumnya dikonsumsi saat petang atau sore hari sehingga akhirnya memakannya di larut malam, dekat dengan waktu tidur. Meski terlihat wajar untuk dilakukan, pakar kesehatan menyebut kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatan.

Selain gorengan, camilan yang kaya akan lemak dan minyak seperti keripik atau makanan cepat saji sangatlah tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Kandungan lemak yang tinggi di dalamnya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna di dalam perut. Hal ini berarti, bukannya beristirahat, perut justru bekerja dengan keras saat kita tidur. Kondisi ini akan membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak atau bahkan sering terbangun. Kita pun akan bangun tidur dengan kondisi lelah dan tidak bugar di pagi hari.

Mengonsumsi gorengan di larut malam juga akan membuat kita memasukkan kadar kolesterol yang cukup banyak di dalam tubuh. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika kolesterol bisa menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah yang berpotensi menyumbat aliran darah. Tak hanya memicu peningkatan tekanan darah, kondisi ini membuat kita menjadi lebih rentan terkena penyakit jantung dan stroke.

Selain mengonsumsi gorengan, kita juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman seperti kopi. Sebagaimana kita ketahui, kopi kaya akan kandungan kafein yang bisa membuat kita kehilangan rasa kantuk dan akhirnya terjaga hingga larut malam. Padahal, hal ini bisa menyebabkan kita mengalami kurang tidur yang berdampak buruk bagi kebugaran tubuh sekaligus mempengaruhi proses pembersihan racun di dalam darah.

Selain gorengan, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Padahal, banyak orang yang meminumnya di malam hari tatkala berkumpul bersama dengan teman-teman. Banyak orang yang menyebut alkohol sebagai minuman yang bisa membuat seseorang tidak sadar atau tertidur. Padahal, dalam realitanya, minuman ini membuat kita tidur dengan tidak nyenyak. Karena alasan inilah banyak peminum alkohol yang bangun dengan kondisi pusing dan tidak bugar.