Bolehkah Makan Es Krim di Malam Hari?

es-krim-doktersehat
Photo Source: Flickr/distillated

DokterSehat.Com– Es krim identik dengan makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat udara sedang sangat panas, yakni di siang hari. Hanya saja, banyak orang yang juga tetap mengonsumsinya di malam hari. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita mengonsumsinya di malam hari atau setelah makan malam sebagai camilan?

Dilansir dari Boldsky, meskipun memiliki rasa yang enak, pakar kesehatan menganggap es krim sebagai makanan yang sebaiknya tidak kita konsumsi di malam hari, tepatnya di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lemak yang cukup tinggi di dalamnya yang dikhawatirkan akan membuat saluran pencernaan bekerja keras dan akhirnya membuat kita tak kunjung bisa terlelap.

Seharusnya, sekitar dua atau tiga jam sebelum tidur, saluran pencernaan kita tidak lagi dimasuki makanan, apalagi makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Hal ini akan membantu tubuh mempersiapkan diri untuk segera beristirahat. Dengan mengonsumsi makanan berlemak seperti es krim, tubuh, khususnya saluran pencernaan dipaksa kembali bekerja dan akhirnya membuat produksi hormon yang membantu kita tertidur mengalami gangguan. Selain itu, proses pencernaan lemak pada akhirnya tidak akan berlangsung dengan maksimal yang akhirnya bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan.

Makanan lain yang tidak disarankan untuk dikonsumsi di malam hari, khususnya di dekat dengan waktu tidur adalah kue manis. Hal ini berarti, kita tidak bisa menjadikannya hidangan pencuci mulut setelah makan malam. Sebagian orang mengaku akan mengalami mimpi buruk jika mengonsumsi kue manis di waktu yang terlalu dekat dengan waktu tidur. Hanya saja, belum ada penelitian yang membuktikan hal ini. Meskipun begitu, kue manis kaya akan kandungan lemak dan gula yang bisa saja mengacaukan kadar gula darah dan bisa meningkatkan risiko terkena obesitas atau diabetes.

Beberapa jenis makanan atau minuman lain yang sebaiknya kita hindari di malam hari adalah makanan cepat saji yang memang kaya akan lemak dan kandungan tidak sehat lainnya, bawang putih yang bisa menyebabkan perut kembung, makanan pedas yang bisa meningkatkan risiko terkena gangguan asam lambung, kopi yang bisa membuat kita susah tidur, dan minuman beralkohol.