Bolehkah Memuaskan Keinginan “Makan Enak” sebelum Masuk Bulan Puasa?

doktersehat-makan-enak-jelang-puasa
Photo Credit: Flickr.com/Amy

DokterSehat.Com– Bulan puasa sudah tinggal menghitung hari, berbagai persiapan tentu harus sudah dilakukan ya. Tak jarang beberapa hari sebelum puasa menjadi ajang kita memuaskan keinginan untuk memakan berbagai olahan makanan yang dalam sebulan ke depan tidak bisa lagi kita lakukan. Kira-kira sehatkah hal tersebut dilakukan?

Menahan keinginan makan saat puasa memang menjadi tantangan tersendiri. Hal ini yang menyebabkan beberapa orang justru memuaskan keinginan makan makanan tertentu sebelum memasuki bulan puasa.

Meskipun hal ini boleh-boleh saja dilakukan, namun jika pilihan makanannya tidak tepat, justru bisa menganggu lancarnya puasa yang akan kita jalani, lho.

Beberapa hal yang akan mengganggu kesehatan tubuh jelang puasa jika pemilihan makanan sebelum puasa tidak tepat, adalah:

1. Asupan kalori berlebihan

Jika sedang menginginkan suatu makanan, tentu kita cenderung akan mengonsumsinya dalam porsi yang lebih banyak, kan? Hal ini juga berlaku jika Anda sedang ingin mengonsumsi suatu makanan sebelum bulan puasa.

Risiko yang terjadi adalah kalori yang masuk menjadi lebih tinggi sehingga akan menyebabkan gangguan pada kadar darah. Apalagi jika makanan yang Anda pilih adalah makanan yang hanya tinggi kalori dan miskin gizi.

2. Kolesterol dan gula darah meningkat

Makanan yang tinggi kalori dan lemak jika dikonsumsi berlebihan akan menganggu kadar darah dalam tubuh. Jika Anda beranggapan hal ini boleh dilakukan karena akan berpuasa, maka buang anggapan tersebut jauh-jauh ya.

Kadar kolesterol ataupun gula darah yang tinggi meskipun hanya sesaat akan menyebabkan gangguan pada organ dan sistem organ. Hal ini tentu sebaiknya kita hindari, kan?

3. Tubuh tidak fit dalam menjalani puasa

Mengonsumsi makanan dengan pilihan yang tidak tepat secara berlebihan sebelum puasa, tentu bukanlah hal yang baik untuk mempersiapkan kesehatan tubuh jelang puasa. Makanan dengan kandungan gizi yang tidak lengkap tidak mampu membentuk imuntas tubuh yang baik. Padahal imunitas tubuh menjadi hal yang penting jelang puasa.

Lalu, apakah memuaskan keinginan makan enak sebelum puasa tidak boleh dilakukan?

Menginginkan makanan sebelum memasuki bulan puasa tentu merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Namun alangkah lebih baiknya jika makanan yang kita konsumsi tersebut mampu mendukung kesehatan tubuh yang optimal jelang puasa.

Sehingga, kita harus memilih bahan makanan yang tepat jika sedang menginginkan makan sesuatu sebelum puasa agar tiga hal di atas tidak terjadi.

Beberapa tips pemilihan makanan saat kita sedang ingin makan enak sebelum puasa adalah:

  • Pilih metode masak yang lebih sehat
    Ingin makan lumpia goreng, batagor atau bebek goreng sebelum puasa? Hal ini tentu tidak bisa dilarang ya. Konsumsilah dengan lebih sehat yaitu dengan memilih metode masak yang lebih rendah lemak, lumpia basah, siomay atau bebek panggang tentu sama nikmatnya,

  • ‘kan
  • ?

  • Selalu tambahkan buah dan sayur
    Ingin mengonsumsi mie ayam atau steak daging? Ya, kedua menu ini cukup banyak dipilih saat makan siang sehingga menimbulkan keinginan mengonsumsinya sebelum bulan puasa. Solusi agar menu ini lebih sehat adalah perbanyak sayuran.

    Berikan lebih banyak acar timun, sawi atau selada pada pangsit atau meningkatkan porsi mix vegetable pada steak daging akan membuatnya kaya gizi dan meningkatkan imunitas tubuh.

  • Pastikan porsi tidak berlebihan
    Setelah melakukan dua hal di atas, pastikan porsi yang Anda konsumsi tidak berlebihan ya. Sesuaikan dengan kebutuhan energi Anda dan jangan mengonsumsi satu jenis makanan terlalu sering agar asupan gizi dalam tubuh bisa tetap beragam, ya.

Nah, kini Anda tetap bisa memuasan keinginan makan enak sebelum puasa namun dengan cara lebih sehat, ‘kan?