DokterSehat.Com– Sebuah trik yang sangat tidak biasa diperkenalkan oleh peneliti bernama Ata Jami dari Florida, Amerika Serikat. Dia menyebut kebiasaan makan di depan cermin bisa membantu menurunkan berat badan. Bagaimana bisa makan di depan cermin bisa memberikan dampak ini?

makan-cermin-doktersehat

Dampak Makan di Depan Cermin

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of the Association for Consumer Research pada 2016 ini, disebutkan bahwa para partisipan diminta untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan layaknya kue cokelat.

Para peserta tersebut diminta untuk memakannya di depan cermin. Hasilnya ada perbedaan porsi makanan yang dikonsumsi saat makan di depan cermin dengan saat makan tidak di depan cermin.

Meskipun rasa makanan yang dikonsumsi sangatlah nikmat, ada sensasi tidak nyaman saat melihat bayangan sendiri mengonsumsi makanan yang tidak sehat tersebut. Hal ini membuat partisipan memilih untuk mengurangi porsi makannya dan bahkan mau menggantinya dengan makanan yang jauh lebih sehat.

Jami menyebut bayangan di dalam cermin tak hanya menunjukkan kondisi fisik kita. Hal ini juga akan membuat kita memberikan penilaian secara mental akan kondisi kita sendiri yang terlihat jelas di dalam cermin. Hal ini sebenarnya mirip saat kita menilai orang lain di dekat kita.

Sensasi tidak nyaman saat melihat bentuk tubuh atau berat badan yang masih kurang ideal inilah yang membuat kita lebih baik dalam mengendalikan pola makan. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan.

Sebagai informasi, penelitian ini melibatkan 185 mahasiswa yang belajar di University of Central Florida. Para mahasiswa ini diberi pilihan makanan berupa kue cokelat dan salad buah. Ada yang makan di depan cermin dan ada yang makan tanpa harus menghadap cermin.

Hasilnya adalah, para partisipan yang makan kue cokelat di depan cermin mengaku makanannya kurang enak. Sebaliknya, partisipan yang makan kue cokelat tanpa menghadap cermin mengaku kue ini sangatlah enak. Mereka yang makan di depan cermin hanya sedikit melahap kue tersebut dan justru beralih ke salad buah yang lebih sehat.

Melihat fakta ini, tak ada salahnya kita mencoba trik ini saat sedang dalam program diet untuk menurunkan berat badan.

Tips Menurunkan Berat Badan yang Sehat

Selain dengan makan di depan cermin, pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara sehat lain yang bisa membantu kita menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ekstrem yang bisa jadi kurang sehat.

Ini beberapa cara menurunkan berat badan yang sehat dan aman:

  1. Perbanyak Asupan Serat

Perbanyaklah asupan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan demi mendukung kesehatan pencernaan sekaligus membuat perut kenyang lebih lama dan membuat kita tidak mudah tertarik untuk ngemil makanan yang tidak sehat.

  1. Hindari Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan bisa ditemukan di dalam makanan yang terbuat dari bahan tepung, pasta, atau bahkan roti tawar. Sebaiknya kita mengurangi konsumsinya karena makanan-makanan ini bisa membuat berat badan naik.

  1. Banyak Minum Air

Memperbanyak asupan air akan mendukung fungsi pencernaan dan metabolisme. Hal ini juga akan membantu menjaga porsi makanan agar tidak berlebihan, khususnya jika kita meminumnya sebelum makan.

  1. Hindari Makanan atau Minuman Manis

Makanan dan minuman manis seperti kue, permen, biskuit, minuman botolan, jus, hingga minuman bersoda tinggi kandungan gula yang bisa membuat berat badan naik.

  1. Olahraga

Rajin berolahraga akan membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh yang berimbas pada penurunan berat badan dengan lebih baik.

 

Sumber:

  1. Jami, Ata. 2015. Healthy Reflections: The Influence of Mirror Induced Self-Awareness on Taste Perceptions. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2689382. (Diakses pada 17 November 2019).