Begini Dampak Makan Daging Setiap Hari

Kesalahan-makan-daging-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/refeia

DokterSehat.Com– Meskipun harganya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan makanan lainnya, tetap saja daging termasuk dalam bahan makanan yang digemari oleh masyarakat. Banyak orang yang bahkan bisa mengonsumsinya setiap hari. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita makan daging setiap hari?

Cukup banyak bagian daging, baik itu daging merah atau daging unggas yang ternyata kaya akan kandungan lemak dan kolesterol. Jika kita sampai mengonsumsi lemak dan kolesterol dengan berlebihan, maka kita pun akan lebih berisiko terkena masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Selain itu, di dalam daging merah juga terdapat senyawa bernama karnitin yang bisa membuat pembuluh darah mengeras. Padahal, pengerasan pembuluh darah atau dalam dunia medis disebut aterosklerosis ini bisa memicu datangnya penyakit berbahaya seperti serangan jantung, aritmia, gagal jantung, kardiomiopati, dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Mengonsumsi daging merah terlalu sering juga akan memberikan dampak lain, yakni meningkatnya risiko kanker. Telah ada penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi daging merah terkait dengan risiko kanker usus besar dan kanker payudara, dua jenis kanker yang paling mematikan. Peningkatan risiko ini disebabkan oleh munculnya senyawa nitrosamine jika daging dimasak dalam waktu yang terlalu lama.

Selain itu, kebiasaan mengonsumsi daging dengan berlebihan, yakni lebih dari 3 kali dalam seminggu dikhawatirkan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon, apalagi jika kita juga cenderung tidak mengonsumsi makanan berserat dengan cukup. Ketidakseimbangan hormon ini juga bisa menjadi awal mula datangnya kanker.

Makan daging setiap hari juga akan meningkatkan risiko terkena gangguan pencernaan, apalagi jika kita tidak memasaknya hingga benar-benar matang sehingga saluran pencernaan pun akan terpapar bakteri seperti E.Coli yang berbahaya. Selain itu, terlalu banyak makan daging dan tidak diimbangi dengan asupan serat akan membuat perut bekerja dengan sangat keras untuk mencernanya. Hal ini bisa saja mendatangkan masalah sembelit atau susah buang air besar.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan daging kurang dari 3 kali dalam seminggu. Selain itu, jangan berlebihan saat mengonsumsinya dan pastikan untuk menerapkan pola makan dengan kadar gizi yang seimbang setiap hari demi menjaga tubuh tetap sehat.