Makan Daging Bisa Membuat Kita Berkeringat?

doktersehat-daging-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Matt Barber

DokterSehat.Com– Biasanya, kita akan mengeluarkan keringat saat sedang mengonsumsi makanan pedas. Sayangnya, bagi sebagian orang, makan daging juga bisa membuat tubuh banyak berkeringat. Bagaimana bisa makan daging bisa memberikan efek seperti ini?

Dilansir dari Kumparan, Keya Mukherjee dari Texas A&M University menyebutkan bahwa kandungan protein yang tinggi di dalam daging ternyata bisa membuat tubuh kita mengeluarkan keringat lebih banyak setelah mengonsumsinya. Menurut Keya, protein termasuk dalam molekul kompleks yang sulit untuk dicerna. Tubuh pun akan menggunakan energi dengan lebih banyak hanya demi memetabolismenya. Karena alasan inilah kita bisa mengeluarkan lebih banyak keluar saat mengonsumsi daging dalam jumlah yang banyak.

Tanpa kita sadari, mencerna makanan bisa membuat tubuh menghabiskan energi tubuh cukup banyak. Penggunaan energi bahkan bisa meningkat hingga 25 persen saat kita mengonsumsi daging. Hal ini juga akan membuat peningkatan suhu tubuh yang berimbas pada munculnya keringat dengan lebih banyak.

Keya berkata bahwa daging memiliki sistem molekul yang sangat rumit karena memiliki banyak ikatan kimia. Setiap ikatan harus diolah dengan enzim yang berbeda-beda sehingga tubuh pun harus memproduksi cukup banyak enzim. Hal inilah yang kemudian berimbas pada suhu tubuh yang meningkat. Selain itu, tekstur daging yang lebih alot dibandingkan dengan bahan makanan lain juga membuat tubuh harus bekerja lebih keras untuk mencernanya.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengunyah daging dengan baik sebelum kita menelannya demi membantu proses pencernaan untuk mengolahnya dengan baik. Selain itu, ada baiknya kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan dan mengimbanginya dengan asupan makanan sehat lain seperti sayur dan buah-buahan demi menjaga kesehatan tubuh.