DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Rasanya yang manis bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang dan nyaman. Hanya saja, banyak orang yang menyebut cokelat sebagai makanan yang bisa memicu kenaikan berat badan sehingga seringkali dihindari saat sudah malam atau dekat dengan waktu tidur. Sebenarnya, apakah tidak apa-apa jika kita mengonsumsi cokelat sebelum tidur?

cokelat-doktersehat

Pakar kesehatan dari King’s College London, Sophie Medlin, menyebutkan bahwa cokelat memang bisa membuat pikiran menjadi lebih nyaman. Hal ini berarti, kita boleh mengonsumsinya sebelum tidur karena bisa membantu kita mendapatkan waktu tidur dengan nyenyak. Kemampuan dari cokelat ini disebabkan oleh adanya kandungan bernama asam amino triptofan yang bisa menenangkan saraf dan pikiran dengan efektif.

“Triptofan bisa mempengaruhi hormon melatonin, hormon yang berperan besar dalam hal mengendalikan pola tidur. Jika kita mengonsumsi cokelat panas atau makan sedikit cokelat batangan maka kita bisa kita lebih cepat terlelap dan tidur dengan lebih nyenyak. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan topping terlalu banyak pada susu yang kita minum,” ungkap Sophie sebagaimana dilansir dari Express.

Sophie menyarankan konsumsi cokelat sebelum tidur bagi mereka yang menderita masalah insomnia atau susah tidur dan ingin segera mengatasi masalah ini. Selain itu, ada baiknya mereka juga mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan vitamin B, kalsium, dan magnesium seperti keju, daging ikan, kacang, biji-bijian, atau yoghurt demi membuat kualitas tidur meningkat.

Hanya saja, meskipun bisa memberikan manfaat kesehatan berupa tidur dengan lebih nyenyak, ada baiknya kita tidak mengonsumsi cokelat dengan berlebihan. Apalagi jika kita mengonsumsi cokelat susu yang memiliki kandungan gula dengan cukup tinggi. Akan jauh lebih baik jika kita memilih cokelat hitam yang jauh lebih sehat dengan kadar kakao yang cukup tinggi.

Selain tidak sembarangan memilih cokelat, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi susu kental manis dengan rasa cokelat meskipun memiliki rasa yang enak karena kandungan gulanya cukup tinggi. Mengonsumsinya sebelum tidur dikhawatirkan justru bisa membuat kita mengalami kenaikan berat badan.