Cokelat adalah salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang. Mengonsumsinya bahkan dianggap bisa mengatasi stres. Hanya saja, apakah anggapan bahwa mengonsumsinya di malam hari bisa menyebabkan susah tidur adalah benar?

cokelat-tidur-doktersehat

Dampak Makan Cokelat di Malam Hari

Selain adanya anggapan bahwa cokelat bisa membuat susah tidur, ada anggapan lain yang menyebut makan cokelat di malam hari bisa berimbas pada kenaikan berat badan. Meski terlihat sebagai anggapan yang benar, pakar kesehatan menyebut hal ini kurang tepat.

Sophie Medlin yang berasal dari King’s College London, Inggris menyebut cokelat sebagai makanan yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks. Hal ini ternyata bisa berimbas pada tidur yang lebih nyenyak. Kita juga tidak akan mudah mengalami susah tidur. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam amino triptofan yang bisa membuat saraf menjdi lebih tenang.

Keberadaan asam amino ini bisa membuat produksi hormon melatonin semakin meningkat. Hormon ini bisa membuat kita lebih mudah tidur dengan nyenyak. Medlin pun menyarankan kita untuk mengonsumsi cokelat hangat atau cokelat batangan di malam hari jika ingin tidur dengan nyenyak. Hanya saja, kita juga harus lebih cermat dalam memilih cokelat yang akan kita konsumsi.

Jika yang akan kita konsumsi adalah cokelat hitam, pastikan untuk tidak mengonsumsinya terlalu banyak. Hal ini disebabkan oleh kadar kafeinnya yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi dengan berlebihan, bisa jadi efeknya akan mirip dengan minum kopi, yakni membuat kita sulit untuk mengantuk dan akhirnya berimbas pada susah tidur.

Cokelat putih bisa dijadikan pilihan yang lebih baik. Selain itu, Medlin juga menyarankan kita untuk minum susu hangat yang bisa membantu tidur lebih nyenyak jika tidak ingin makan cokelat.

Makanan yang Bisa Menyebabkan Susah Tidur

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk lebih cermat dalam mengonsumsi makanan di malam hari demi mencegah masalah susah tidur.

Berikut adalah makanan-makanan yang sebaiknya kita hindari.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas memang bisa memberikan sensasi mantap saat dikonsumsi, namun jika kita mengonsumsinya di dekat waktu tidur, bisa jadi akan membuat perut terasa sangat tidak nyaman seperti mulas, mual, atau bahkan kenaikan asam lambung. Jika hal ini terjadi, bisa jadi akan membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Minuman Beralkohol

Siapa bilang tidak sadar akibat minuman beralkohol menandakan bahwa kualitas tidur lebih baik? Dalam realitanya, kualitas tidur kita menurun drastis dan akhirnya membuat kita terbangun dengan kondisi tubuh yang lelah dan tidak bugar. Kita pun sebaiknya menghindari minuman ini demi mencegah datangnya berbagai masalah kesehatan.

  1. Saus Tomat

Saus tomat bisa membuat rasa makanan menjadi lebih nikmat, namun jika dikonsumsi di dekat dengan waktu tidur, bisa jadi akan membuat kita mengalami susah tidur. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan tiramin yang bisa merangsang tubuh melepas senyawa norepinephrine yang membuat aktivitas otak meningkat dan akhirnya membuat kita susah mengantuk.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda bisa menyebabkan gejala perut kembung dan kenaikan asam lambung yang akhirnya membuat perut terasa tidak nyaman. Hal ini bisa berimbas pada penurunan kualitas tidur dengan signifikan.

  1. Kopi

Sudah menjadi rahasia umum jika kebiasaan minum kopi bisa membuat kita mengalami susah tidur. Kita juga akan mudah terbangun. Penyebabnya adalah adanya kandungan kafein di dalamnya yang membuat kita lebih waspada dan mengacaukan keseimbangan hormon yang mengendalikan waktu tidur kita.

 

Sumber:

  1. Gold, Betty. 2019. 10 Foods That Are Sabotaging Your Sleep.realsimple.com/food-recipes/recipe-collections-favorites/healthy-meals/foods-that-keep-you-awakerga hy5j. (Diakses pada 17 Januari 2020).