DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka makan cokelat? Rasanya yang manis bisa membuat kita kerap mengonsumsinya. Sayangnya, banyak orang yang berpikir jika konsumsi cokelat sebaiknya dibatasi karena dianggap bisa menyebabkan berat badan naik dan masalah kesehatan lainnya. Apakah hal ini benar adanya?

doktersehat-cokelat-minum-panas

Dikutip dari Mirror, pakar kesehatan menyarankan kita untuk berhati-hati dalam memilih cokelat karena kini semakin banyak cokelat yang kaya akan kandungan gula. Sebagai contoh, milk chocolate batangan dengan ukuran 25 gram bisa saja memiliki 2,5 sendok teh gula. Kita pun disarankan untuk memilih dark chocolate dengan kandungan kakao sekitar 70 hingga 85 persen yang kaya akan antioksidan dan mineral.

Jika kita mengonsumsi cokelat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi ini secara rutin, maka kita pun akan mendapatkan manfaat kesehatan seperti sebagai berikut.

  1. Baik bagi kesehatan kulit

Jangan percaya dengan mitos yang menyebut makan cokelat bisa menyebabkan masalah kulit seperti jerawat. Dalam realitanya, kandungan flavonol dalam cokelat bisa membantu kulit terhidrasi dengan baik, terjaga kelembabannya, dan meningkatkan aliran dah pada permukaan kulit yang tentu akan membuatnya semakin sehat.

  1. Menurunkan tekanan darah

Cokelat hitam kaya akan mineral, termasuk potassium dan seng yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Kesehatan jantung dan pembuluh darah pun meningkat.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian terbaru menunjukkan fakta bahwa kandungan dalam cokelat hitam bisa menurunkan risiko penyumbatan pada pembuluh darah. Kandungan cokelat hitam juga bisa membuat pembuluh darah arteri tetap fleksibel. Penelitian lain bahkan menunjukkan bahwa pria dewasa yang rutin makan cokelat hitam dengan porsi kecil lima kali dalam seminggu akan menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular hingga 57 persen.

  1. Menurunkan risiko stroke

Kakao bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Rutin mengonsumsi cokelat hitam disebut-sebut bisa menurunkan risiko terkena stroke hingga 17 persen.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu lagi untuk makan cokelat, ya?