Makan Cokelat Bisa Bikin Susah Tidur

cokelat-doktersehat
Photo Source: Flickr/russellstreet

DokterSehat.Com– Selain karena faktor stres, kondisi kamar yang tidak nyaman, suhu udara yang panas, atau kondisi kesehatan lainnya, terkadang penyebab dari masalah susah tidur adalah beberapa jenis makanan yang memiliki rasa yang enak. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?

Yang tidak disangka adalah, cokelat ternyata termasuk dalam makanan yang bisa membuat kita susah tidur. Meski memiliki rasa yang enak dan bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang, kandungan di dalam buah cokelat bisa membuat kita susah untuk tidur. Kandungan ini adalah kafein yang juga bisa dengan mudah kita temukan di kopi. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengonsumsi cokelat di waktu yang terlalu malam agar tidak mudah mengalami masalah susah tidur.

Makanan lainnya yang bisa membuat kita susah tidur adalah cabai atau makanan pedas. Banyak orang yang sengaja mengonsumsi makanan pedas di malam hari demi menghangatkan tubuh. Selain itu, makanan ini juga bisa memberikan sensasi mantap dan puas sehingga kita pun bisa makan dalam jumlah yang banyak. Hanya saja, makanan pedas bisa membuat kita mengalami peningkatan sirkulasi darah yang justru membuat kewaspadaan tubuh meningkat dan akhirnya membuat kita tak kunjung mengantuk.

Selain kopi, minuman lain yang tidak disarankan untuk dikonsumsi di malam hari adalah teh hijau. Banyak orang yang tidak sadar jika teh hijau memiliki kandungan kafein yang tinggi, hampir setara dengan kopi, sehingga jika dikonsumsi bisa membuat kita tidak kunjung mengantuk.

Agar tidak sampai mengalami susah tidur, konsumsilah makanan-makanan tersebut tidak di dekat waktu tidur.