Terbit: 4 Mei 2021 | Diperbarui: 5 Mei 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Cangkang telur adalah salah satu bagian dari telur yang juga menyimpan manfaat bagi kesehatan. Apa manfaat manfaat cangkang telur bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

8 Manfaat Cangkang Telur dan Cara Mengonsumsinya

Kandungan Cangkang Telur

Cangkang telur memiliki lapisan luar tipis yang disebut bloom, lapisan ini mencegah bakteri masuk ke dalam cangkang. Di bawahnya terdapat selaput yang memisahkan cangkang dari albumin atau putih telur.

Kulit telur sendiri hampir seluruhnya terbuat dari kalsium karbonat (95%). Sedangkan 5% sisanya terdiri dari campuran protein dan mineral lainnya.

Manfaat Cangkang Telur bagi Kesehatan

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kulit telur, di antaranya:

1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Satu kulit telur rata-rata dapat menyediakan kalsium dari yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu makanan kaya kalsium yang baik. Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang baru. Mineral ini juga membantu mengatur ritme jantung, meningkatkan fungsi otot, mengontrol kadar magnesium, fosfor, dan kalium dalam darah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalsium yang berasal dari kulit telur mungkin lebih bermanfaat daripada jumlah yang sama yang berasal dari suplemen kalsium. Hal tersebut disebabkan karena tubuh memproses kalsium dari kulit telur lebih lambat, sehingga mengurangi risiko yang terkait dengan konsumsi kalsium berlebihan.

2. Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium, strontium, dan fluor yang terdapat di cangkang telur secara positif memengaruhi metabolisme tulang dan menstimulasi pertumbuhan tulang rawan.

Studi klinis pada wanita pasca menopause juga menunjukkan bahwa bubuk cangkang telur dapat mengurangi rasa sakit yang terkait dengan osteoporosis dan meningkatkan mobilitas pasien. Studi yang sama juga mengaitkan konsumsi bubuk cangkang telur dan penghentian degenerasi tulang.

3. Melindungi Enamel Gigi

Sebuah penelitian mengungkapkan, bubuk kulit telur yang dicampur ke dalam larutan gliserin atau gel metilselulosa dan dioleskan pada gigi yang yang telah mengalami demineralisasi kimiawi, menunjukkan peningkatan enamel baru pada gigi yang rusak tersebut.

Studi ini juga menemukan bahwa dibandingkan dengan sumber kalsium alami lainnya, bubuk cangkang telur ayam mengandung bahan toksik yang lebih rendah, seperti timbal, aluminium, kadmium, dan merkuri.

4. Memiliki Efek Anti Inflamasi

Sebuah studi mengukur keefektifan penggunaan membran kulit telur sebagai terapi alternatif untuk gangguan jaringan ikat sendi, seperti radang sendi, lupus, asam urat, dan nyeri punggung.

Kondisi ini biasanya diobati dengan analgesik atau obat antiinflamasi, yang memiliki efektivitas terbatas dan dapat menimbulkan risiko jantung dan masalah gastrointestinal. Sebaliknya, selaput kulit telur terbukti meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang terkait dengan gangguan jaringan ikat sendi tanpa efek samping yang rumit.

Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengonsumsi Cangkang Telur

Apakah kulit telur bisa dimakan? Tentu bisa, namun Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.

Pertama, jangan mencoba menelan potongan besar cangkang telur karena dapat melukai kerongkongan. Kedua, kulit telur mungkin terkontaminasi bakteri seperti Salmonella enteritidis. Guna menghindari keracunan makanan, pastikan untuk merebus telur sebelum mengonsumsi cangkangnya.

Penting untuk mendapatkan jumlah kalsium yang tepat untuk dikonsumsi. Terlalu banyak kalsium dapat menyebabkan hiperkalsemia, kerusakan ginjal, dan batu ginjal.

Selain itu, terlalu banyak kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan mual, muntah, kelelahan, detak jantung tidak teratur, dan tekanan darah rendah.

Memenuhi Kebutuhan Kalsium dengan Bubuk Cangkang Telur

Jika Anda tidak ingin mengonsumsi suplemen kalsium, Anda bisa membuat cangkang telur bubuk sendiri untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Pastikan untuk menggiling kulit telur menjadi bubuk atau pecahan yang sangat kecil sebelum memakannya.

Anda juga bisa menambahkan bubuk cangkang telur ke dalam berbagai hidangan, seperti roti, pizza, dan pasta, tanpa mengubah tekstur atau rasa. Bahkan,bubuk kulit telur juga bisa dilarutkan dalam minuman.

Sekitar 2,5 gram kulit telur cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian orang dewasa. Jangan mengonsumsi suplemen kalsium kecuali jika direkomendasikan oleh dokter. Asupan kalsium yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti batu ginjal dan berpotensi meningkatkan risiko penyakit jantung.

Meski begitu, gejala-gejala tersebut cenderung tidak terjadi dari sumber kalsium berbasis makanan seperti kulit telur, karena tubuh memproses kalsium berbasis makanan lebih lambat.

Kulit telur bukan hanya salah satu sumber kalsium termurah, tetapi juga termasuk yang paling efektif. Jika Anda kesulitan memenuhi kebutuhan kalsium atau menderita osteoporosis, bubuk kulit telur buatan sendiri adalah alternatif yang efektif dan murah.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa kalsium kulit telur terserap dengan baik dan dapat memperkuat tulang penderita osteoporosis.

Baca Juga: 13 Manfaat Telur Bebek untuk Kesehatan (Kandungan Nutrisi)

Manfaat Cangkang Telur Lainnya

Selain manfaatnya bagi kesehatan, kulit telur memiliki berbagai macam kegunaan bagi lingkungan, di antaranya:

1. Kompos Kulit Telur

Kalsium dan beberapa mineral dari kulit telur terurai ke dalam tanah, sehingga memberikan nutrisi yang baik untuk tanaman. Menghancurkan cangkang terlebih dahulu mempercepat pembusukannya. Tanaman tertentu seperti tomat, terong, paprika, semak mawar, dan pohon apel menyukai kalsium ekstra dari kulit telur.

2. Mencampurkannya pada Kopi

Sifat alkalin dari kulit telur menyeimbangkan keasaman kopi, sehingga menghasilkan rasa yang lebih lembut. Cukup bilas cangkang mentah dengan air panas, lalu hancurkan dengan tangan dan tambahkan ke dalam bubuk kopi.

3. Masker Wajah

Bubuk kulit telur yang dicampur dengan putih telur dapat digunakan sebagai masker. Kolagen yang terdapat dalam putih dan cangkang telur berguna untuk mengencangkan dan meremajakan kulit.

4. Meningkatkan Kesehatan Hewan

Selain bermanfaat bagi manusia, kulit telur juga bermanfaat untuk kesehatan hewan. Konsumsi cangkang telur dapat menghasilkan gigi, kuku, dan bulu yang lebih sehat pada anjing. Selain itu, kalsium ekstra juga dapat membuat telur burung lebih kuat.

 

  1. Arnarson, Atli. 2017. The Benefits and Risks of Eating Eggshells. https://www.healthline.com/nutrition/eggshells-benefits-and-risks#TOC_TITLE_HDR_3. (Diakses pada 4 Mei 2021).
  2. Axe, Josh. 2018. Can You Eat an Eggshell? Surprising Benefits & Uses of Eggshells. https://draxe.com/nutrition/eggshell/. (Diakses pada 4 Mei 2021).
  3. Lee, Diana S. 2021. Eggshells: Benefits and Precautions. https://www.emedihealth.com/eggshells-benefits.html. (Diakses pada 4 Mei 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi