Suka Makan Barbeque Bisa Bikin Hipertensi?

barbeque-doktersehat
Photo Source: Twitter/LienCentreSMU

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang menyukai makanan yang diolah dengan cara barbeque atau dibakar langsung di atas api. Beberapa jenis makanan yang sangat nikmat untuk diolah dengan cara ini adalah daging merah daging unggas, daging ayam, atau bahkan beberapa jenis sayuran. Sayangnya, dibalik kenikmatan makanan yang diolah dengan cara barbeque, ada bahaya kesehatan yang mengintai, termasuk meningkatnya risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Biasanya, makanan yang dibakar seringkali dikaitkan dengan kanker, namun dr. Gang Liu dari Harvard T.H Chan School of Public Health, Boston, Amerika Serikat justru menyebutkan bahwa makanan yang dibakar juga bisa memicu peningkatan tekanan darah. Pendapat ini didapatkan dari sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 90 ribu orang.

“Dalam penelitian ini, terlihat jelas bahwa mereka yang suka membakar makanan atau mengolah makanan dengan cara barbeque dengan suhu tinggi mengalami peningkatan risiko terkena hipertensi jauh lebih besar,” ungkap dr. Liu.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul American Heart Association ini, dihasilkan fakta bahwa mengonsumsi makanan barbeque hingga lebih dari 15 kali per bulan mampu meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi hingga 17 persen. Bahkan, jika tingkat kematangan makanan barbeque ini mencapai level well done, maka risiko ini bertambah 15 persen lagi.

Menurut dr. Liu, peningkatan risiko terkena tekanan darah tinggi ini terkait dengan munculnya hormon yang berbahaya bagi kesehatan pada bahan makanan daging-dagingan seperti daging merah, daging ayam, dan daging ikan. Makanan yang dibakar atau dipanggang juga bisa menimbulkan reaksi stres oksidatif dan peradangan pada tubuh. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak sering-sering mengonsumsinya.