4 Makanan Ini Boleh Banyak Dikonsumsi saat Pagi Hari!

biskuit_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/j-k-mitchell

DokterSehat.Com– Apa yang biasanya Anda konsumsi pada pagi hari? Ada cukup banyak jenis makanan yang biasa dikonsumsi saat pagi hari.

Umumnya, nafsu makan yang sedang tinggi pasca beristirahat lebih dari 7 jam, serta suasana pagi hari di Indonesia yang cenderung masih sejuk, membuat beberapa jenis makanan menjadi khas dikonsumsi saat pagi hari, ya.

Di beberapa negara atau daerah, beberapa makanan yang khas disajikan pada pagi hari, umumnya adalah makanan yang cukup menggugah selera, yaitu makanan yang banyak mengandung karbohidrat dengan tambahan gula atau makanan yang digoreng.

Meskipun nikmat dan cocok dikonsumsi saat pagi hari, sayangnya, tidak semua bahan makanan yang khas saat pagi hari tersebut boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak, lho.

doktersehat makanan manis
Photo credit: Pexels by Ash

Makanan yang terlalu manis, misalnya pancake dengan gula cair atau krimer kental manis dengan topping manis, atau makanan yang digoreng, misalnya berbagai jenis gorengan atau jajanan tradisional yang digoreng, merupakan makanan yang banyak mengandung kalori.

Mengonsumsinya dalam jumlah banyak akan berisiko menyebabkan asupan kalori yang berlebihan. Hal ini tentu saja dapat berbahaya, apalagi jika kalori yang diperoleh berasal dari zat gizi yang harusnya dibatasi asupannya, yaitu gula dan lemak.

Lantas, apa saja makanan yang baik dikonsumsi pada pagi hari?

Akan tetapi, nafsu makan yang sedang tinggi, karena tubuh harus segera menggantikan energi pasca beristirahat, tentu membuat kita ingin mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cenderung lebih banyak, ya.

Hal ini wajar, namun agar asupan makanan saat pagi tersebut bisa memberikan manfaat dan mendukung kesehatan tubuh, akan lebih baik jika kita memilih jenis makanan yang tepat untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Berikut, beberapa bahan makanan yang bisa kita konsumsi dalam jumlah cukup banyak pada pagi hari:

1. Oatmeal

Lapar saat pagi hari? Anda bisa memilih oatmeal sebagai menu makan pagi Anda. Oatmeal bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi yang cukup sehat.

doktersehat-oatmeal-topping
Photo Credit: Flickr.com/oksiana

Anda bisa mengonsumsi 8-10 sendok makan oatmeal kering yang setara dengan satu centong nasi.

Dengan angka tersebut, Anda bisa mengonsumsi oatmeal dalam jumlah banyak tanpa harus mengkhawatirkan asupan karbohidrat atau gula yang berlebihan. Hal ini disebabkan oatmeal memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bisa memberikan energi dan serat yang baik untuk tubuh.

Mengonsumsi oatmeal sebagai makanan pokok pagi hari, juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama, ketimbang nasi, mengingat kandungan serat pada oatmeal, utamanya oatmeal gandum utuh, cenderung lebih tinggi.

2. Biskuit atau roti gandum

Tidak suka oatmeal? Pilih saja biskuit atau roti gandum. Kedua olahan ini juga bisa Anda pilih sebagai bahan makanan pengganti nasi dengan rasa yang lebih mudah diterima.

Roti-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Alan Levine

Biskuit gandum, apalagi jika yang terbuat dari gandum atau tepung gandum utuh, memiliki kandugan serat yang juga cukup tinggi dan disertai kandungan fitonutrien yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi biskuit atau roti gandum ditemani minuman pagi yang hangat tentu super nikmat dan sehat, bukan?

3. Kacang-kacangan

Lapar di pagi hari dan ingin ngemil? Anda bisa memilih kacang-kacangan untuk Anda konsumsi sebagai camilan dan tambahan menu makan pagi Anda.

doktersehat-manfaat-edamame
Photo Credit: Flickr.com/Melissa Doroquez

Kacang-kacangan, utamanya yang tidak diolah dengan metode goreng, merupakan pilihan makanan yang super sehat dan bisa memberikan asupan serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik unutk kesehatan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi kacang edamame rebus, kacang almond, kacang merah, atau selai kacang sebagai camilan atau sebagai toping salad pagi Anda.

4. Jus buah dan atau sayur

Ingin mengonsumsi minuman yang segar, menyehatkan dan mengenyangkan? Pilih jus buah atau sayur dengan bahan baku yang tidak asam.
doktersehat-kombinasi-jus-sahur

Hal ini akan efektif memberikan asupan gula alami, cairan, vitamin, mineral, dan fitonutrien untuk kesehatan tubuh. Anda boleh mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 1-2 porsi sepanjang pagi.