Terbit: 3 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Daging ayam termasuk dalam makanan yang digemari oleh manusia. Daging ayam juga mudah untuk diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Selain itu, daging ayam dianggap sebagai salah satu menjadi sumber protein yang menyehatkan tubuh. Hanya saja, jika kita mengonsumsi daging ayam yang tidak diolah dengan baik, maka bisa jadi kita akan lebih mudah jatuh sakit.

Jika Seperti Ini, Makan Ayam Bisa Bikin Sakit

Dilansir dari Men’s Health, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dari Amerika Serikat (CDC) menyebut daging ayam sebagai salah satu bahan makanan yang bisa memicu penularan wabah penyakit. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 2009 hingga 2015, disebutkan bahwa daging ayam menjadi penyebab utama kedua kasus penularan penyakit dengan 3.114 kasus, di bawah daging ikan yang ada di posisi pertama dan masih lebih banyak dari daging babi yang hanya menyebabkan 2.670 kasus.

Menurut Thomas Gremillion dari Food Policy Institute, Consumer Federation of America, banyaknya kasus penyakit yang disebabkan oleh daging ayam disebabkan oleh adanya daging ayam yang sudah terkontaminasi bakteri salmonella.

Jika kita mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi salmonella, maka dalam waktu 12 hingga 72 jam setelah mengonsumsinya kita akan mengalami gejala seperti diare parah, kram perut, atau demam tinggi.

Demi mencegah datangnya infeksi bakteri salmonella akibat konsumsi daging ayam atau makanan lainnya seperti telur atau sayuran tertentu, ada baiknya kita selalu memastikan untuk memasak daging ayam dan bahan makanan lainnya ini hingga matang. Selain itu, jangan pernah mengonsumsi telur mentah. Cucilah tangan dengan sabun sebelum makan atau setelah keluar dari toilet. Pastikan bahwa peralatan memasak dan peralatan makan juga sudah dicuci dengan baik setelah dipakai atau sebelum digunakan sebagai tempat makanan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi