Terbit: 16 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


Sudah menjadi rahasia umum jika apel adalah salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan. Hanya saja, apakah benar jika rutin mengonsumsinya bisa mencegah datangnya asma? Berikut adalah penjelasan dari pakar kesehatan terkait dengan hal ini.

apel-asma-doktersehat

Apel Mencegah Asma

Meski bisa diolah menjadi minuman, pie, atau berbagai jenis makanan lainnya, dalam realitanya apel sangatlah nikmat untuk dimakan langsung. Mereka yang sedang dalam program diet juga sering menjadikannya camilan demi menyukseskan penurunan berat badan.

Hanya saja, apakah benar jika rutin mengonsumsinya bisa mencegah datangnya asma? Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah oleh WebMD, disebutkan bahwa ibu hamil yang rutin makan apel setiap hari bisa mencegah perkembangan asma pada buah hatinya. Fakta ini terungkap dalam jurnal berjudul Thorax.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh S.M Willers dari Utrecht University, Belanda ini, disebutkan bahwa ada kaitan erat antara apa yang dimakan ibu hamil dengan risiko asma pada buah hati di dalam kandungannya. Setidaknya, 1.200 ibu dan anaknya dilibatkan dalam penelitian ini. Hasilnya adalah, anak-anak yang terlahir dari ibu yang makan apel lebih dari empat kali dalam seminggu cenderung memiliki risiko terkena asma 27 persen lebih rendah dari anak-anak yang terlahir dari ibu yang jarang atau bahkan tidak pernah makan asma.

Kandungan quercetin di dalam apel yang disebut-sebut bisa menjadi penyebab menurunnya risiko ini. Kandungan ini bisa mencegah munculnya reaksi alergi, salah satu faktor utama pencetus asma. Jumlah quercetin di dalam kulit apel cenderung lebih banyak sehingga sebaiknya kita tidak mengupas kulit apel saat memakannya.

Berbagai Manfaat Kesehatan Lain dari Makan Apel

Selain sangat disarankan bagi ibu hamil, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin makan apel karena bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menyehatkan Gigi

Saat kita menggigit atau mengunyah apel, maka produksi air liur akan meningkat dengan signifikan. Dampaknya tak hanya akan membuat pencernaan lebih mudah mengolah apel, namun juga menjaga keseimbangan bakteri di dalam mulut. Hal ini tentu akan mencegah datangnya berbagai macam masalah gigi seperti karang gigi atau gigi berlubang.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi apel satu buah saja setiap hari. Selain itu, ada baiknya kita memotong apel sebelum memakannya demi mendapatkan manfaat sehatnya bagi kesehatan gigi.

  1. Menurunkan Risiko Terkena Alzheimer

Ternyata, rutin makan apel bisa menurunkan risiko terkena alzheimer dan Parkinson dengan signifikan, lho. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Kandungan ini bisa mencegah dampak buruk radikal bebas bagi kesehatan otak. Fungsi dari otak pun akan terus terjaga dengan maksimal.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Penelitian yang dilakukan American Association for Cancer Research menyebut kandungan flavonol di dalam apel bisa menurunkan risiko terkena beberapa jenis kanker layaknya kanker payudara, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker pankreas hingga 23 persen. Keberadaan serat yang tinggi di dalam apel juga bisa membantu mencegah datangnya penyakit ini.

  1. Mencegah Diabetes

Mereka yang rutin makan apel sekali sehari cenderung mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 hingga 28 persen. Hal ini disebabkan oleh keberadaan serat larut yang bisa mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik.

  1. Menurunkan Kolesterol

Apel juga bisa membantu menurunkan kolesterol jahat sebanyak 23 persen jika dikonsumsi setiap hari selama enam bulan. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan di Florida State University.

 

Sumber:

  1. Warner, Jennifer. 2007. Apples May Keep Asthma Away.webmd.com/asthma/news/20070919/apples-may-keep-asthma-away. (Diakses pada 16 Januari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi