Mak Nyak Si Doel Terkena Kelumpuhan dan Glaukoma

aminah-cendrakasih-mak-nyak-si-doel-doktersehat
Photo Source: entertainjakarta.wordpress.com

DokterSehat.Com– Aminah Cendrakasih, aktris senior yang dikenal luas sebagai pemeran Mak Nyak dalam serial televisi Si Doel Anak Sekolahan kini hanya mampu berbaring di ranjangnya. Setelah beberapa tahun seperti menghilang dari dunia hiburan, namanya kembali diangkat tatkala film Si Doel ditayangkan beberapa saat lalu. Ternyata, selama ini Aminah menderita kelumpuhan dan glaukoma.

Aminah sudah 11 tahun mengalami kelumpuhan. Sementara itu, dalam 5 tahun terakhir, Aminah juga menderita glaukoma yang membuatnya tak lagi mampu melihat. Sebagai informasi, glaukoma memicu kerusakan pada saraf optik. Penyebabnya adalah tekanan yang sangat besar pada mata. Menurut WHO, penyakit ini adalah penyebab kebutaan paling tinggi di dunia. Setidaknya, 58 juta orang mengalami penyakit ini, kebanyakan adalah orang dewasa atau orang lanjut usia.

Yang menjadi masalah adalah, gejala awal dari glaukoma cenderung tidak begitu kentara. Banyak orang yang akhirnya menyepelekannya begitu saja dan tidak melakukan tindakan yang cukup untuk mencegahnya menjadi semakin parah. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada cara mudah yang bisa kita lakukan untuk mencegah glaukoma, yakni dengan menggunakan teh panas.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul British Journal of Ophtalmologist menghasilkan fakta bahwa mengonsumsi teh bisa mencegah glaukoma. Dari 10 ribu orang yang dilibatkan dalam penelitian ini, terbukti bahwa rajin mengonsumsi secangkir teh hangat setiap hari mampu menurunkan risiko terkena penyakit ini. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan seng, vitamin C, dan vitamin E di dalam teh yang dianggap mampu menyehatkan mata.

Melihat adanya fakta ini, jangan ragu untuk rajin minum teh hangat setiap hari demi menjaga kesehatan mata. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan gula pada teh demi mendapatkan manfaat sehatnya.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria