Main Ponsel Sebelum Tidur Tingkatkan Risiko Diabetes

doktersehat-radiasi-ponsel

DokterSehat.Com– Sebelum tidur, kita biasanya masih menyempatkan diri untuk memainkan ponsel demi mengecek media sosial atau berselancar mencari tahu berbagai informasi yang kita butuhkan. Meskipun terlihat sebagai hal yang wajar untuk dilakukan, kebiasaan ini ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menyebabkan datangnya diabetes. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Menurut pakar kesehatan, di malam hari tubuh sebenarnya sudah merasa lelah dan mempersiapkan diri untuk beristirahat. Sayangnya, keberadaan ponsel yang kita mainkan bisa membuat mata kita kehilangan rasa kantuk. Media sosial yang mengasyikkan juga akan membuat kita cenderung penasaran dan terus memainkannya sehingga kita pun lupa waktu. Bukannya tidur, kita akan terus memainkannya hingga larut malam. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan gangguan siklus tidur dan membuat waktu tidur kita menurun dengan signifikan.

Jika sampai kita mengalami kurang tidur, maka di dalam tubuh akan terjadi gangguan keseimbangan hormon yang sangat parah. Padahal, jika hal ini terus terjadi, maka risiko untuk terkena diabetes pun meningkat.

Dilansir dari Businees Insider, memainkan ponsel sebelum tidur bisa memberikan dampak buruk bagi otak. Otak yang seharusnya sudah mempersiapkan diri untuk beristirahat justru terus dipaksa untuk memproses informasi. Otak pun akan bingung dan akhirnya membuat kita lebih rentan terkena masalah insomnia atau susah tidur. Padahal, sebagaimana disebutkan sebelumnya, susah tidur akan menurunkan durasi waktu beristirahat malam dan akhirnya memicu datangnya gangguan keseimbangan hormon yang berbahaya.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mematikan ponsel setidaknya 1 jam sebelum tidur. Biasakan untuk mengecek segala keperluan yang berkaitan dengan ponsel atau gadget kita di waktu yang jauh dari waktu tidur kita sehingga kita tidak lagi penasaran dengan media sosial atau aplikasi percakapan ponsel. Selain itu, tempatkan ponsel jauh dari kasur kita sehingga kita pun tidak akan mudah membuka ponsel sebelum tidur. Jika kita terbangun tengah malam, ada baiknya kita juga berusaha untuk memejamkan mata kembali, bukannya bermain ponsel karena bisa membuat kita tak kunjung tidur kembali.