Kebanyakan Main Ponsel, Anak Ini Kejang-Kejang

kejang_ponsel_doktersehat_1
Photo Source: Facebook/Edgar Lising

DokterSehat.Com– Meskipun bisa membuat anak asyik bermain dan belajar sehingga orang tua tidak kerepotan untuk menjaganya, ponsel juga bisa membuat mereka kecanduan. Yang menjadi masalah adalah, telah banyak kasus kecanduan ponsel yang akhirnya berakhir dengan masalah kesehatan yang cukup serius pada anak-anak.

Seorang anak yang berusia 6 tahun bernama Nathan, putra dari Edgar Lising yang berasal dari wilayah Gapan, Nueva Ejica, Filipina harus dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu sering memakai ponsel. Kisahnya viral karena Edgar mengunggah video yang menunjukkan Nathan terkena focal seizure, kejang-kejang yang menyerang salah satu dari sisi otak. Gejala dari kejang-kejang ini adalah mata Nathan yang pergerakannya tak bisa lagi dikendalikan dan berputar-putar seperti sedang mengikuti lampu disko. Selain itu wajah dan mulutnya juga mengeluarkan gerakan yang tidak terkendali.

Sesampainya di rumah sakit, Nathan langsung mendapatkan serangkaian tes. Sayangnya, hasil tes ini menunjukkan bahwa ia tidak mengalami masalah kesehatan apapun. Setelah kejang-kejangnya kambuh dan disaksikan sendiri oleh dokter, Nathan langsung disarankan untuk dirujuk ke St. Lukes Medical Center, Manila, karena kondisinya dianggap sudah cukup parah dan membutuhkan perawatan medis yang lebih baik.

Edgar sengaja mengunggah video anaknya yang mengalami kejang-kejang sebagai pembelajaran bagi orang tua lainnya untuk tidak membiarkan anaknya bermain ponsel dengan berlebihan. Setelah mengunggah video yang viral ini, beberapa hari kemudian Edgar mengungkap kondisi anaknya yang semakin membaik. Hanya saja, Nathan juga masih sesekali mengalami kejang-kejang.

Anak memang sebaiknya tidak memainkan ponsel di usia yang terlalu dini karena bisa membahayakan kondisi kesehatannya.