Main Game Ini Bisa Menyembuhkan Penyakit Lho

doktersehat-video-game
Photo Credit: Rebecca Pollard

DokterSehat.Com– Cukup banyak penelitian yang menyebutkan bahwa bermain video game bisa membuat kita meningkatkan kecerdasan otak atau koordinasi tubuh. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan fakta menarik lainnya dari kebiasaan bermain game ini, yakni mampu menyembuhkan penyakit. Kok bisa?

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Neuro Engineering and Rehabilitation (JNER) yang diterbitkan pada 20 November 2017 lalu menghasilkan fakta bahwa bermain game yang mengharuskan pemainnya harus melakukan kerjasama tim dengan orang lain ternyata bisa membantu penyembuhan penyakit dengan lebih cepat.

Para peneliti yang berasal dari Imperial Academic Health Science Center (AHSC) dan Three NHS Trusts kemudian menciptakan sebuah game yang bernama Ballon Buddies dan meminta sejumlah orang untuk bermain game tersebut seorang diri atau melakukannya bersama dengan orang lain dengan mode kerjasama. Salah satu dari para relawan ini adalah pasien yang sedang memulihkan diri dari penyakit stroke.

Setelah dilakukan selama 16 bulan, pasien ini ternyata cenderung pulih dengan lebih cepat, apalagi jika Ia bekerjasama dengan relawan yang sehat saat bermain game. Hal yang sama juga terjadi pada pasien yang mengalami cedera otot atau radang sendi.

Penulis utama, Dr. Michael Mace dari Imperial College London menyebutkan bahwa dengan bermain game, maka pasien akan melakukan latihan berulang yang bisa membuat mereka pulih dari penyakit yang bisa melemahkan tubuh. Tak hanya itu, permainan balon ini memungkinkan pasien untuk berlatih bersama dengan perawat, teman, dan keluarga dengan cara yang menyenangkan.

Permainan balon ini dilakukan dengan cara menyeimbangan dua sisi balok dan balon yang masing-masing dikendalikan oleh pemain. Para pemain juga bisa memvariasikan tinggi balok agar balon bisa mengenai target dan mendapatkan poin. Tak hanya itu, pemain juga harus bekerja sama dalam menjaga balok horizontal sehingga tidak akan lepas dari platform.

Game ini diklaim juga bisa dimainkan oleh mereka yang memiliki lengan dengan kondisi yang lemah.