Terbit: 14 April 2020 | Diperbarui: 20 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Madu penyubur kandungan kini mulai populer bagi pasangan yang ingin memiliki anak karena khasiatnya digadang-gadang bisa membantu mempercepat kehamilan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan madu untuk menyuburkan kandungan? Benarkah manfaat dan fungsi madu tersebut bisa menyuburkan kandungan?

Madu Penyubur Kandungan Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Apa Itu Madu Penyubur Kandungan?

Madu penyubur kandungan adalah madu yang diklaim bisa menyuburkan kandungan wanita. Hal ini serupa dengan jenis madu lainnya seperti madu ibu hamil, madu ibu menyusui, madu bayi dan anak, dan lainnya.

Kebanyakan masyarakat awam berpikir bahwa madu penyubur kandungan adalah madu khusus yang bisa menyuburkan kandungan wanita. Banyak wanita yang membeli madu tersebut dengan harapan agar bisa hamil.

Makna di Balik Istilah ‘Madu Penyubur Kandungan’

Definisi dari madu penyubur kandungan di atas memang sudah benar tetapi ada hal yang perlu diketahui. Sebenarnya, istilah tersebut seringkali hanya sebagai strategi pemasaran. Ini bertujuan agar banyak wanita, terutama wanita yang belum hamil membeli madu tersebut.

Benarkah Ada Manfaat Madu Penyubur Kandungan?

Tanpa diberi penekanan ‘penyubur kandungan’ pun, manfaat madu memang bisa meningkatkan kesuburan wanita. Akan tetapi, Anda jangan salah paham. Madu yang memiliki maksud ini tentunya adalah madu asli yang kaya akan kandungan zat ‘ajaib’.

Khasiat madu penyubur kandungan wanita juga akan dirasakan jika dicampurkan dengan beberapa zat herbal tertentu (madu herbal). Zat-zat tersebut tentulah zat yang bisa mengoptimalkan hormon-hormon kehamilan, mengatasi hambatan pembuahan seperti mengatasi keputihan, dan lainnya.

Sayangnya, tidak semua produsen menjual madu penyubur kandungan asli atau madu herbal yang mengandung zat-zat yang bisa menyuburkan kandungan. Tidak menutup kemungkinan, madu yang dijual palsu atau madu sintetis yang dicampurkan zat-zat, padahal belum teruji manfaatnya terhadap kesuburan kandungan.

Baca Juga: 5 Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Minum Madu Penyubur Kandungan Pasti 100% Hamil?

Madu asli atau madu herbal hanyalah memiliki manfaat mendukung kehamilan. Namun, ketentuan untuk bisa hamil atau tidak sudah ditetapkan. Jadi, jika Anda bermaksud membeli madu penyubur kandungan asli untuk mendapatkan garansi 100% agar bisa hamil, maka ada kemungkinan Anda akan kecewa dan berpikir madu tidak memiliki manfaat itu.

Konsumsilah madu ini dengan tujuan untuk meningkatkan peluang kehamilan karena kondisi kandungan yang lebih baik. Selain itu, Anda perlu mengingat bahwa madu bukanlah jenis pangan yang bisa memberikan efek instan.

Anda perlu bersabar sambil terus berdoa untuk bisa hamil. Perlu diingat pula bahwa kehamilan terjadi semata-mata bukan hanya kandungan wanita yang subur. Ada banyak faktor tertentu yang bisa membuat seorang wanita bisa hamil.

Cara Membuat Madu Penyubur Kandungan Sendiri di Rumah

Jika Anda merasa tidak yakin dengan keaslian madu atau kebenaran campuran herbal pada madu ini, jangan putus asa. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuat madu penyubur kandungan adalah dengan mencampurkan madu asli dengan tepung sari dan royal jelly. Campurlah 600 ml madu asli, 25 gram polen, dan 25 gram royal jelly.

Hasil campuran tersebut sering dikenal dengan nama madu super. Disebut madu super karena memiliki manfaat super yaitu tidak hanya untuk menyuburkan kandungan saja. Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat lainnya dengan mengonsumsi madu super ini.

Manfaat Madu Super Selain untuk Menyuburkan Kandungan

Ada beberapa manfaat madu super yang bisa Anda dapatkan selain terkait dengan kesuburan kandungan. Beberapa manfaatnya termasuk bisa memperbaiki vitalitas tubuh, meningkatkan stamina, dan mengendurkan urat syaraf yang tegang.

Selain itu, madu super ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Mengonsumsi madu super secara rutin dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung. Madu super ini juga bisa menyembuhkan luka operasi dan meningkatkan fungsi otak.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu Hitam, Madu yang Kaya Antioksidan

Manfaat Madu untuk Menyuburkan Kandungan Menurut Penelitian

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Sohag University Hospital and Asyut Gynecology and Infertility Clinic melakukan penelitian terhadap 99 pasangan yang terkena asthenozoospermia – gangguan pergerakan sperma.

Penelitian tersebut menggunakan madu atau royal jelly secara intravaginal. Hasilnya, cara yang sederhana ini cukup efektif untuk mengobati asthenozoospermia.

Begitupun dua penelitian terpisah menggunakan tikus, yang dilakukan di Nigeria pada tahun 2013, memberikan hasil yang sangat berbeda. Sementara satu menunjukkan bahwa madu meningkatkan jumlah sperma tikus jantan, dan yang lain menunjukkan bahwa terlalu banyak madu dapat memiliki efek negatif pada kesuburan pada tikus. Oleh karena itu, penelitian masih perlu dilakukan lebih lanjut.

Batasan Konsumsi Madu Penyubur Kandungan

Pada umumnya, perempuan dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi madu sebanyak 100-200 gram dalam sehari. Akan tetapi, bila hal ini terasa berat maka cukup konsumsi 3 sendok makan setiap hari.

Baca Juga: Begini Cara Ampuh untuk Membedakan Madu Asli dan Madu Oplosan

Cara Menyimpan Madu yang Benar

Pastinya Anda berharap jika madu penyubur kandungan wanita yang Anda beli bisa bertahan lama dan awet, sehingga bisa dikonsumsi lebih lama. Madu ini sebenarnya bisa awet lebih lama jika disimpan dengan cara yang benar.

1. Simpan di Tempat Bersuhu 10 Derajat

Hindarilah hal-hal yang bisa mengurangi keawetan madu. Kristalisasi dan fermentasi adalah dua hal yang bisa merusak madu sehingga tidak lama bertahan. Cara mencegah terjadinya kristalisasi adalah dengan menyimpan madu di tempat dengan suhu kurang dari 11 derajat Celcius (jangan lebih dari 10 derajat Celcius).

Jika madu disimpan di tempat dengan temperatur lebih dari 10 derajat Celcius maka madu akan mengkristal. Anda juga bisa mencegah kristalisasi ini dengan cara menghangatkan madu yakni pada suhu 21-27 derajat Celcius.

Ingat jangan memanaskan madu lebih dari 27 derajat Celcius karena madu bisa rusak dan rasanya akan mengalami perubahan. Khasiat madu untuk menyuburkan kandungan pun bisa hilang.

2. Memerhatikan Kelembapan Tempat Penyimpanan Madu

Cara menyimpan madu yang benar adalah dengan memerhatikan kelembapan. Ini bisa mencegah terjadinya proses fermentasi di dalam madu. Jagalah kelembapan tempat penyimpanan madu kurang dari 17%.

Proses fermentasi juga bisa dicegah jika madu tersebut memiliki kadar karbohidrat lebih besar dari 83%. Oleh karena itu, jika Anda membeli madu untuk menyuburkan kandungan maka perhatikanlah kandungan karbohidratnya.

Anda juga bisa memanaskan madu sebagai cara mencegah fermentasi pada madu. Panaskan madu pada suhu 60 derajat Celcius selama 30 menit atau suhu 71 derajat Celcius selama 1 menit dan dinginkan.

3. Menyimpan Madu Dalam Wadah Kedap Udara

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, maka madu Anda bisa awet dan dikonsumsi lebih lama. Namun, tetap diingat untuk menyimpan madu penyubur kandungan di dalam wadah kedap udara.

_

Itu dia penjelasan tentang madu yang dapat menyuburkan kandungan. Nah, sebelum berniat mengonsumsi madu ini untuk penyubur kandungan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu tentang alergi, kondisi kesehatan, dan kesuburan. Ini untuk menghindari efek samping negatif yang tidak diinginkan!

 

  1. A, Abdelhafiz  dan Muhamad JA. 2018. Midcycle pericoital intravaginal bee honey and royal jelly for male factor infertility. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18222449. (Diakses pada 14 April 2020).
  2. Abidin, Danial Zainal. 2014. Quran Saintifik- Edisi Kemas Kini. Kuala Lumpur: PTS Millennia.
  3. Combe, Liv. 2016. 9 Unexpected Uses for Honey. https://www.healthline.com/health/9-unexpected-uses-for-honey. (Diakses pada 14 April 2020).
  4. JB, Frans. 2013. Sehat dengan Terapi Lebah. Jakarta: Elex Media Komputindo.
  5. Suranto, Adji . 2004. Khasiat & Manfaat Madu Herbal. Jakarta: AgroMedia.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi