Terbit: 3 April 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Madu manuka adalah jenis madu yang berasal dari New Zealand dan Australia. Madu jenis ini diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium atau semak manuka. Sifat antibakteri dari madu manuka adalah pembeda dari madu lainnya. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan tubuh? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

10 Manfaat Madu Manuka bagi Kesehatan (Lengkap)

Apa Itu Madu Manuka?

Seperti penjelasan sebelumnya, madu manuka asli dibuat oleh lebah yang menyerbuki semak manuka. Secara tradisional, madu ini dipercaya untuk menyembuhkan luka, mengatasi sakit tenggorokan, mencegah kerusakan gigi, dan menjaga kesehatan pencernaan. Madu manuka memiliki tekstur yang lebih kental dari madu biasa, namun banyak digunakan dengan cara yang sama.

Kandungan Madu Manuka

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat madu manuka, hal penting lainnya harus diketahui adalah kandungan di dalamnya. Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada di dalam madu manuka, antara lain:

  • Hidrogen peroksida
  • Methylglyoxal
  • Dihydroxyacetone

Manfaat Madu Manuka

Sudah sejak lama madu ini digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut ini adalah berbagai khasiat madu manuka untuk kesehatan yang wajib Anda tahu, di antaranya:

1. Membantu Menyembuhkan Luka

Manfaat madu manuka yang pertama dan sudah sejak lama digunakan adalah mengobati luka dan bisul.

Beberapa penelitian mengungkapkan, bahwa madu jenis ini dapat meningkatkan penyembuhan luka, memperkuat regenerasi jaringan, dan mengurangi rasa sakit pada pasien yang menderita luka bakar. Selain itu, madu ini juga dapat mengobati infeksi luka yang yang kebal antibiotik seperti Staphylococcus aureus (MRSA).

2. Menjaga Kesehatan Mulut

Agar kondisi gigi dan gusi tetap sehat, langkah utama yang bisa dilakukan adalah meminimalkan perkembangan bakteri yang dapat menyebabkan plak. Meski begitu, tidak sepenuhnya Anda harus menghilangkan bakteri di mulut, karena terdapat bakteri baik yang berguna menjaga kesehatan rongga mulut.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa madu manuka menyerang bakteri di mulut yang terkait dengan peradangan gusi, pembentukan plak, dan kerusakan gigi. Penelitian menunjukkan aktivitas antibakteri yang tinggi dari madu ini efektif menghambat pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya seperti P. gingivalis dan A. actinomycetemcomitans.  

3. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah madu manuka. Sifat antivirus dan antibakterinya dapat mengurangi peradangan dan menyerang bakteri yang menyebabkan rasa sakit. Selain itu, madu jenis ini juga dapat melapisi bagian dalam tenggorokan sehingga memberikan efek yang menenangkan ketika terjadi peradangan.

Penelitian lain mengungkapkan, madu manuka dapat mengurangi bakteri berbahaya di mulut yang menyebabkan mukositis, ini adalah efek samping umum dari radiasi dan kemoterapi. Mukositis menyebabkan peradangan dan ulserasi pada selaput lendir yang melapisi kerongkongan dan saluran pencernaan.

4. Mencegah Tukak Lambung

Penelitian menunjukkan bahwa madu manuka dapat membantu mengobati tukak lambung yang disebabkan oleh H. pylori. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim bahwa madu ini mampu mengobati tukak lambung.

5. Mengatasi Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable bowel syndrome adalah gangguan pencernaan yang paling umum terjadi. Gejala yang bisa dikenali adalah sembelit, diare, sakit perut, dan buang air besar tidak teratur. Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi madu ini secara teratur dapat membantu mengurangi gejala-gejala dari IBS.

Selain itu, manfaat madu manuka lainnya juga telah terbukti menyerang strain Clostridium difficile. Clostridium difficile sering juga disebut C. diff, adalah jenis bakteri yang menyebabkan diare parah dan tukak lambung. Madu jenis ini dapat membunuh sel C. diff, sehingga dipercaya untuk mengatasi gangguan pencernaan.

Penting untuk diketahui, meski madu jenis ini bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, penelitian masih terbatas dilakukan pada hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat pengaruh sepenuhnya terhadap infeksi bakteri di usus.

6. Mengobati Fibrosis Kistik

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik adalah kelainan bawaan yang merusak paru-paru, memengaruhi sistem pencernaan, dan organ lainnya. Kondisi ini memengaruhi sel-sel yang memproduksi lendir. Hal ini menyebabkan lendir menjadi tebal dan lengket secara tidak normal. Lendir yang tebal ini menyumbat saluran udara sehingga menyebabkan Anda sulit untuk bernapas.

Sayangnya, infeksi saluran pernapasan atas cukup umum terjadi pada orang dengan fibrosis kistik. Madu manuka telah terbukti memerangi bakteri yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas. Meski begitu, klaim terhadap hal ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan.

7. Mengobati Jerawat

Jerawat biasanya disebabkan oleh perubahan hormon, tetapi juga bisa menjadi reaksi terhadap pola makan yang buruk, stres atau pertumbuhan bakteri di pori-pori yang tersumbat. Jika jerawat disebabkan oleh bakteri, madu jenis ini dapat digunakan untuk menjaga kulit bebas dari bakteri. Bahkan bisa juga digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyatakan bahwa madu jenis ini efektif untuk mengatasi  jerawat.

8. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Meski kolesterol dibutuhkan tubuh, namun jika jumlahnya berlebihan, kolesterol dapat mengendap di dinding pembuluh darah sehingga menimbulkan plak. Plak yang berlebih akan membuat pembuluh darah menyempit sehingga menghambat aliran darah. Agar hal ini tidak terjadi, salah satu bahan alami yang bisa dikonsumsi adalah madu ini.

9. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa madu jenis ini membantu mencegah peradangan di kerongkongan akibat radiasi dan kemoterapi untuk kanker. Akan tetapi, terdapat penelitian lain mengungkapkan bahwa madu ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker. Penelitian lebih lanjut diperlukan terkait dengan klaim ini.

10. Mengontrol Diabetes

Saat seseorang didiagnosis menderita diabetes, mengatur pola makan dengan memperbanyak sayur, buah, biji-bijian, makanan rendah lemak dan kalori adalah suatu keharusan. Asupan lain yang juga baik untuk dikonsumsi adalah madu jenis ini.

Nah, itulah berbagai manfaat madu manuka bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Penting untuk diperhatikan, karena sebagian besar manfaat di atas membutuhkan penelitian lanjutan, konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda ragu untuk mengonsumsinya.

 

  1. Berkheiser, Kaitlyn. 2018. 7 Health Benefits of Manuka Honey, Based on Science. https://www.healthline.com/nutrition/manuka-honey-uses-benefits. (Diakses pada 3 April 2020).
  2. Manuka Honey. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/manuka-honey-medicinal-uses#1. (Diakses pada 3 April 2020).
  3. What are the components of manuka honey?. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/qa/what-are-the-components-of-manuka-honey. (Diakses pada 3 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi