Sama-Sama Manis, Mengapa Madu Lebih Sehat dari Gula?

manfaat-madu-hitam-doktersehat

DokterSehat.Com– Rasa manis biasanya dikaitkan dengan gula. Meskipun bisa membuat rasa masakan atau minuman menjadi lebih manis, gula sayangnya juga dikenal sebagai bahan makanan yang tidak sehat dan harus dibatasi konsumsinya. Selain itu, kita juga bisa menggantinya dengan madu. Hanya saja, jika kita cermati, madu juga memiliki rasa yang manis namun justru dianggap sebagai bahan makanan yang lebih sehat dari gula. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pakar kesehatan menyebut madu dan gula sama-sama memiliki kandungan glukosa dan fruktosa. Glukosa bisa diolah tubuh menjadi bahan bakar atau sumber energi. Hanya saja, tubuh membutuhkan insulin untuk mengolahnya menjadi energi.

Di dalam gula terdapat kandungan glukosa dan fruktosa yang seimbang, tepatnya masing-masing 50 persen. Komposisi kandungan gula ini membuat gula lebih cepat dimetabolisme oleh tubuh sehingga meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Masalahnya adalah jika kita tidak aktif bergerak, maka sumber energi ini hanya akan disimpan kembali dalam bentuk lemak. Selain itu, jika kita terus-terusan mengonsumsi gula dengan berlebihan, maka kadar gula darah yang tinggi ini bisa berimbas pada meningkatnya risiko diabetes.

Hal yang berbeda terjadi jika kita menggunakan madu sebagai pemanis. Meskipun ada kandungan glukosa dan fruktosa, ada kandungan lainnya di dalam madu. Tepatnya, komposisi madu adalah 30 persen glukosa, fruktosa dengan kadar kurang dari 40 persen, jenis gula lain yang jauh lebih kompleks, dan serat bernama dextrin. Hal ini membuat proses metabolisme madu di dalam tubuh jauh lebih lambat dibandingkan gula. Kadar gula darah pun tidak akan mudah naik dengan signifikan. Selain itu, tubuh juga akan membutuhkan energi lebih banyak demi mengolahnya. Berbagai hal ini membuat madu tidak akan memicu penumpukan lemak ataupun peningkatan risiko terkena diabetes sebagaimana jika kita mengonsumsi gula.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari madu adalah adanya kandungan seperti mineral dan vitamin di dalamnya. Berbagai kandungan ini tidak bisa kita temukan di dalam gula. Selain itu, berbeda dengan gula, madu tidak akan membuat kita ketagihan sehingga kita pun tidak akan mengonsumsinya dengan berlebihan.