Madu Bisa Turunkan Kolesterol?

manfaat-masker-madu-doktersehat

DokterSehat.Com– Madu dikenal luas sebagai salah satu makanan yang paling sehat bagi tubuh kita. Rajin mengonsumsi madu bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga kita pun tidak mudah jatuh sakit. Hanya saja, apakah madu juga bisa membuat kadar kolesterol di dalam tubuh menurun?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa madu ternyata memang bisa memberikan manfaat kesehatan ini. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Islamic Establishment for Education yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab, disebutkan bahwa rajin mengonsumsi madu alami bisa membantu menurunkan kadar lemak di dalam darah kita. Bahkan, para partisipan yang mengonsumsi 75 gram madu alami selama 15 hari mengalami penurunan kadar kolesterol total, kolesterol jahat, serta kadar trigliserida dengan signifikan.

Meskipun memiliki rasa yang manis, mengonsumsi madu tidak akan meningkatkan kadar gula darah dengan signifikan, apalagi jika dibandingkan dengan setelah mengonsumsi gula atau minuman manis. Karena alasan inilah mengonsumsi madu tidak akan membuat berat badan kita naik.

Selain dengan mengonsumsi madu, kita juga harus mengubah gaya hidup secara keseluruhan jika ingin menurunkan kadar gula darah. Sebagai contoh, ada baiknya kita mulai rajin berolahraga setiap hari. Tak perlu lama-lama, kita bisa melakukannya selama 30 menit saja. Olahraga yang dilakukan juga tidak harus yang berat. Kita bisa saja berjalan kaki atau melakukan jogging yang mudah dilakukan dimana saja, kapan saja.

Kita juga sebaiknya mengubah pola makan menjadi lebih sehat, khususnya dalam hal mengonsumsi serat dengan lebih banyak dan menurunkan asupan daging-dagingan atau makanan berlemak. Serat ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh dengan efektif.

Beberapa cara lain yang bisa kita lakukan demi menurunkan kolesterol adalah dengan berhenti merokok, menjaga berat badan tetap ideal, menurunkan konsumsi alkohol, hingga mengonsumsi beberapa jenis obat yang mampu menurunkan kolesterol.

Khusus untuk meminum obat-obatan penurun kolesterol, ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui kondisi kolesterol di dalam tubuh kita sehingga bisa mendapatkan obat yang tepat dan aman untuk dikonsumsi secara rutin.