Terbit: 27 Agustus 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Tubuh manusia terdiri dari macam-macam sendi yang memiliki fungsinya masing-masing bagi pergerakan tubuh. Simak informasi lengkapnya mulai dari definisi, jenis, dan fungsi sendi di bawah ini!

Macam-Macam Sendi, Letak, dan Fungsinya bagi Tubuh Manusia

Apa Itu Sendi?

Sendi adalah titik di mana penghubung fisik antara dua atau beberapa tulang sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulang ini disebut persendian (artikulasi). Misalnya sendi lutut adalah titik penghubung antara femur (tulang paha) dan tibia (tulang kering).

Tubuh manusia memiliki sebanyak 360 sendi dari dari 206 tulang yang menopang tubuh. Meskipun begitu, banyak macam-macam sendi dan letaknya, tetapi beberapa di antaranya yang mampu membantu tubuh untuk bergerak.

Sendi mengandung berbagai jaringan ikat fibrosa, termasuk ligamen yang menghubungkan tulang satu sama lain, tendon menghubungkan otot ke tulang, dan tulang rawan yang menutupi ujung tulang dan memberikan bantalan.

Macam-Macam Sendi Utama pada Tubuh Manusia

Tubuh manusia memiliki tiga jenis persendian utama yang menghubungkan antartulang. Ketiganya termasuk dalam kategori berdasarkan gerakan dan fungsinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Berikut ini beberapa jenis sendi yang utama di tubuh manusia:

1. Sendi Mati (Sinartrosis)

Jenis yang juga disebut sendi fibrosa ini adalah sendi yang menghubungkan dua tulang atau lebih, tetapi tidak dapat bergerak. Contohnya adalah sendi yang menghubungkan antartulang tengkorak.

Sendi yang tidak bisa Anda gerakkan di antara lempeng tengkorak (sutura), dan gomphosis (penghubung tengkorak dan gigi).

2. Sendi Kaku (Ampiartrosis)

Ini juga dikenal sebagai sendi tulang rawan, sendi yang memiliki dua atau lebih tulang yang merekat begitu erat sehingga gerakannya terbatas alias kaku. Salah satu contoh sendi kaku berada pada ruas tulang belakang.

3. Sendi Gerak (Diartrosis)

Sendi gerak atau sendi sinovial ini memiliki cairan sinovial yang memungkinkan semua bagian sendi bergerak dengan mulus satu sama lain.

Jenis ini adalah persendian tulang yang paling umum di tubuh manusia. Beberapa contohnya seperti persendian di lutut dan bahu.

Baca Juga: Nyeri Sendi: Gejala, Penyebab, Pengobatan, Pencegahan, dll

Macam-Macam Sendi Gerak pada Tubuh Manusia

Sendi gerak atau sendi sinovial adalah sendi yang bergerak bebas di dalam tubuh. Sendi ini dikelilingi oleh jaringan fibrosa atau kantung (kapsul sendi). Lapisan kapsul dapat mengeluarkan cairan sinovial untuk melumasi jaringan dan ruang dalam kapsul.

Berikut macam-macam sendi gerak berdasarkan kategori dan fungsinya:

1. Sendi Engsel (Hinge)

Sendi antara dua tulang atau lebih berfungsi seperti engsel pintu, tetapi bergerak dalam satu arah. Contoh sendi engsel yang menghubungkan tiga tulang (tulang paha, tulang kering, dan tulang lutut) berada pada lutut dan bagian siku yang bisa anda tekuk dan meluruskannya.

2. Sendi Putar (Pivot)

Sendi putar atau sendi trochoid, yang ditandai dengan satu tulang dapat berputar dalam cincin yang terbentuk dari kedua tulang. Contohnya adalah sendi antara tulang ulna dan jari-jari yang memutar lengan bawah, dan sendi antara tulang belakang pertama dan kedua di leher.

3. Sendi Geser (Plane)

Jenis ini adalah sendi yang memungkinkan antartulang bergerak dan menggeser satu sama lain. Contoh sendi geser adalah sendi interkarpal, yang menghubungkan tulang di pergelangan tangan.

4. Sendi Pelana (Saddle)

Satu dari macam-macam sendi dan fungsinya ini sering Anda gerakkan. Sendi pelana memungkinkan sambungan dua tulang bergerak ke dua arah seperti “pelana,” yakni bergerak ke arah samping dan depan. Contoh dari sendi pelana berada di tulang pangkal ibu jari.

5. Sendi Peluru (Ball and Socket)

Jenis ini memungkinkan sendi dapat bergerak ke segala arah. Tulang pada sendi peluru berbentuk lingkaran seperti bola yang “duduk” atau menempel pada rongga tulang (socket). Contoh sendi peluru adalah sendi bahu dan sendi panggul.

6. Sendi Gulung (Condyloid)

Sendi gulung adalah sendi yang memungkinkan gerakan, tetapi tidak dapat bergerak memutar. Contoh dari sendi tulang adalah sendi yang menghubungkan tulang telapak tangan dengan tulang jari.

Struktur Sendi

Sebagian besar persendian yang menghubungkan antartulang dapat bergerak karena komponen atau struktur di dalamnya. Macam-macam sendi dan fungsinya terdiri dari:

  • Tulang rawan. Jenis jaringan yang menutupi permukaan tulang pada sendi. Tulang rawan dapat membantu mengurangi gesekan dari gerakan di dalam sendi.
  • Membran sinovial. Jaringan ini melapisi sendi dan merekat ke dalam kapsul sendi. Membran sinovial dapat mengeluarkan cairan bening dan lengket (cairan sinovial) di sekitar sendi yang berfungsi untuk melumasinya.
  • Ligamen. Jaringan ikat yang kuat dan elastis ini mengelilingi sendi untuk menopang dan membatasi pergerakan sendi. Ligamen berfungsi menghubungkan tulang menjadi satu.
  • Tendon. Jenis lain dari jaringan ikat yang kuat ini terletak di setiap sisi sendi dan menempel pada otot yang mengontrol pergerakan sendi. Tendon berfungsi menghubungkan otot ke tulang.
  • Bursas. Ini adalah kantung berisi cairan di antara tulang, ligamen, atau struktur terdekat lainnya. Ini membantu meredam gesekan pada sendi.
  • Cairan sinovial. Cairan bening dan lengket ini merukan sekresi dari membran sinovial.
  • Meniskus. Merupakan bagian melengkung dari tulang rawan di lutut dan persendian lainnya.

Baca Juga: Radang Sendi: Gejala, Penyebab, Diagnosis, dan Pengobatan

Kondisi yang Memengaruhi Sendi

Masalah pada sendi biasanya terjadi akibat arthritis, yakni peradangan yang terjadi pada sendi sinovial. Salah satunya adalah osteoartritis, di mana tulang rawan mengalami kerusakan dari waktu ke waktu dan menipis hingga tekanan di antara tulang menyebabkan rasa sakit.

Reumatoid artritis adalah kondisi autoimun di mana sistem kekebalan yang menyerang jaringan sendi, sehingga menyebabkan kerusakan.

Gout alias asam urat terjadi ketika kristal asam urat menumpuk di sendi sinovial (umumnya di jempol kaki), juga menyebabkan nyeri. Membran sinovial dapat menyebabkan peradangan akibat penggunaan sendi yang berlebihan.

_

Itu dia macam-macam sendi dan letaknya, serta fungsinya untuk pergerakan tubuh. Mengenal jenis sendi akan membantu Anda untuk merawat dan mencegah masalah pada persendian seperti artritis.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. The Six Types of Synovial Joints: Examples & Definition. https://study.com/academy/lesson/the-six-types-of-synovial-joints-examples-definition.html. (Diakses pada 27 Agustus 2020)
  2. Anonim. Tanpa Tahun. Anatomy of a Joint. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=anatomy-of-a-joint-85-P00044. (Diakses pada 27 Agustus 2020)
  3. Frothingham, Scott. 2017. How Many Joints Are in the Human Body?. https://www.healthline.com/health/how-many-joints-in-human-body. (Diakses pada 27 Agustus 2020)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi