12 Jenis Penyakit Kelamin Pria dan Wanita

Doktersehat-jamur-kelamin-pada-penis

DokterSehat.Com– Penyakit kelamin adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang penyebarannya melalui hubungan seks atau jarum suntik yang sudah terkontaminasi penyakit tersebut. Jika mendengar penyakit kelamin maka akan timbul hal-hal yang macam-macam dalam pikiran kita. Sudah bukan rahasia umum lagi jika sebagian besar penyakit kelamin sangat berbahaya dan susah disembuhkan. Selengkapnya simak macam-macam penyakit kelamin berikut.

Macam-Macam Penyakit Kelamin

Penyakit kelamin pria maupun perempuan cenderung ditularkan melalui hubungan seks bebas tanpa pengaman dan pola hidup yang tidak sehat seperti malas merawat diri. Berikut ini adalah berbagai jenis penyakit kelamin pria dan wanita yang paling umum diderita:

1. Gonorrhea atau Chlamydia

Jenis penyakit kelamin ini disebabkan oleh bakteri, infeksi dimulai beberapa hari sampai beberapa minggu setelah hubungan intim dengan orang yang terjangkit penyakit kelamin ini. Penyakit kelamin pria menyebabkan keluarnya cairan dari batang kemaluan.

Ketika buang air kecil dapat terasa sakit, namun gejala penyakit kelamin ini terkadang tidak dapat dirasakan. Sedangkan gejala-gejala gonorrhea pada wanita biasanya sangat ringan atau tidak terasa sama sekali, tetapi kalau tidak diobati penyakit kelamin ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan. Penyakit kelamin ini dapat disembuhkan dengan obat herbal denature.

2. Herpes

Penyakit kelamin ini disebabkan oleh Herpes Simplex Viruses (HSV), gejala herpes kelamin timbul antara 3 sampai 10 hari setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin ini. Gejala awal muncul seperti lecet yang kemudian terbuka menjadi lubang kecil dan berair, dalam 5 sampai 10 hari gejala akan hilang.

HSV menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi suatu saat. Wanita kerap kali tidak sadar bahwa ia menderita herpes karena lecet terjadi di dalam vagina.

3. Infeksi jamur kelamin

Jenis penyakit kelamin ini disebabkan oleh jamur, yang menyebabkan rasa gatal dan berwarna merah di bawah kulit kalamin pria yang tidak disunat. Pada wanita, akan keluar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal. Dapat disembuhkan dengan krim antijamur. Salah satu obat penyakit kelamin pria cukup dengan mandi menggunakan air hangat sebanyak dua kali sehari, fokuskan pada bagian kelamin.

4. Sipilis

Disebabkan oleh bacteria lesi, penyakit kelamin sipilis muncul antara 3 minggu sampai 3 bulan setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin ini. Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi, pada umumnya tidak terasa sakit. Luka akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit kelamin ini dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh. Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagian tubuh lain.

Sipilis dapat disembuhkan pada tiap tahapan dengan obat herbal, pada wanita lesi dapat tersembunyi pada vagina.

5. Vaginitis

Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidaknyamanan, disebabkan oleh berbagai jenis bakteri (bakteri gonorrhea, chlamydia) atau jamur. Juga dapat disebabkan oleh berbagai bakteri berbahaya yang memang menetap pada vagina, cairan pada vagina dapat diteliti menggunakan mikroskop. Pada umumnya dapat disembuhkan dengan obat yang tepat sesuai dengan penyebabnya.

6. Bisul

Bisul disebabkan oleh Human papillomavirus (HPV), muncul berupa satu atau banyak bisul atau benjolan antara sebulan sampai setahun setelah berhubungan intim dengan penderita penyakit kelamin tersebut.

Pada umumnya tidak dapat terlihat pada wanita karena terletak di dalam vagina, atau pada pria karena terlalu kecil. Dapat diuji dengan lapisan cuka. Jenis penyakit kelamin ini bisa berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker serviks. Kabar baiknya, bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim.

7. Kutu kelamin

Sangat kecil (lebih kecil atau sama dengan 1/8 inch), berwana kelabu kecokelatan, menetap pada rambut kemaluan. Dapat disembuhkan dengan obat cair yang digosokkan pada rambut kelamin.

8. Kutu di bawah kulit alat kelamin

Mirip dengan kutu kelamin, tetapi ukurannya lebih kecil dan menetap di bawah kulit. Penyakit kelamin ini menyebabkan luka-luka kecil dan gatal di seluruh tubuh. Penyakit ini bisa diobati dengan obat cair yang diusapkan ke seluruh tubuh. Pakaian, seprei dan handuk harus dicuci setelah pengobatan, karena kutu dapat menetap pada kain-kain terebut.

9. AIDS

Penyakit kelamin akibat hubungan intim yang paling serius, menyebabkan tidak bekerjanya sistim kekebalan tubuh. Tidak ada gejala yang nyata tanpa penelitian darah, dapat menyebabkan kematian setelah sepuluh tahun setelah terinfeksi virus HIV. Penyakit kelamin ini ditularkan melalui hubungan intim dan pemakaian jarum suntik secara bersamaan.

10. Chlamydia

Chlamydia atau klamidia adalah penyakit menulas seksual (PMS) yang disebabkan oleh Chlamydia trachomatis (C. trachomatis). Bakteri ini hanya menginfeksi manusia. Chlamydia adalah penyebab infeksi penyakit kelamin dan mata yang paling umum secara global. Ini juga merupakan bakteri PMS yang paling umum.

Wanita pengidap klamidia biasanya tidak menunjukkan gejala. Gejala apa pun biasanya tidak spesifik dan mungkin termasuk:

  • Infeksi kandung kemih
  • Perubahan cairan vagina
  • Nyeri perut bawah ringan

Jika klamisia tidak segera diobati, itu dapat menyebabkan gejala berikut:

  • Nyeri panggul
  • Hubungan seksual yang menyakitkan, baik sebentar-sebentar atau setiap saat
  • Perdarahan antar periode haid

11. Hepatitis B

Virus hepatitis B (HBV) menyebabkan penyakit menular seksual (PMS), yang ditularkan melalui kontak dengan sperma yang terinfeksi, darah, dan cairan tubuh lainnya. Virus hepatitis B ditularkan dengan cara-cara berikut:

  • Hubungan seks tanpa kondom
  • Menggunakan jarum suntik yang tidak steril
  • Secara tidak sengaja tertusuk oleh benda tajam
  • Minum ASI yang terinfeksi
  • Digigit oleh seseorang dengan hepatitis B

Hati membengkak, dan seorang individu dapat mengalami kerusakan hati yang serius sebagai akibat dari virus hepatitis B. Ini akhirnya dapat menyebabkan kanker, dan penyakit ini kadang-kadang bisa menjadi kronis. Pusat donor darah selalu memeriksa untuk memastikan bahwa setiap donor tidak memiliki hepatitis B.

12. Trichomoniasis

Trichomoniasis adalah penyakit menulas seksual (PMS) umum yang dapat memengaruhi pria maupun wanita. Namun, wanita lebih cenderung mengalami gejala. Infeksi ini disebabkan oleh parasit protozoa bersel tunggal, Trichomonas vaginalis.

Bagi wanita, vagina adalah tempat infeksi yang paling umum, sedangkan pada pria terjadi pada uretra. Penularan dapat terjadi baik melalui hubungan seksual atau kontak vulva-ke-vulva.

Sementara wanita dapat memperoleh infeksi dari pasangan seksual pria atau wanita, pria hampir selalu terinfeksi dari berhubungan seks dengan wanita.

Gejala-gejala trikomoniasis meliputi:

  • Bau tak sedap
  • Keputihan
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan selama hubungan seksual
  • Nyeri saat buang air kecil

Seorang wanita dengan trikomoniasis lebih mungkin terkena HIV setelah terkena virus. Seorang wanita dengan trikomoniasis dan HIV juga lebih mungkin menularkan virus HIV ke pasangan seksual lainnya.

Itulah jenis-jenis penyakit kelamin yang penting untuk Anda ketahui. Bila mengalami gejala yang disebutkan di atas, segera periksakan ke dokter ya, Teman Sehat!