Terbit: 23 Agustus 2021 | Diperbarui: 24 Agustus 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada macam-macam kanker pada wanita yang patut untuk Anda waspadai guna membantu mencegah dan mengurangi risiko terkena kanker. Ladies, yuk simak penjelasan tentang jenis kanker yang dapat menyerang wanita!

10 Macam Kanker pada Wanita yang Sering Terjadi dan Patut Diwaspadai!

Macam-Macam Kanker pada Wanita

Ada banyak jenis kanker yang paling sering menyerang wanita, tentu yang paling kita tahu adalah kanker payudara dan kanker serviks. Mengetahui tentang jenis kanker yang menyerang wanita dan bagaimana cara membantu mencegah atau mendeteksi kanker lebih awal dalam tubuh dapat membantu mengobati dan menyelamatkan nyawa.

Berikut ini macam-macam kanker pada wanita yang patut diwaspadai:

1. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling umum pada wanita. Mengutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, kanker yang paling banyak menyerang wanita adalah kanker payudara, yakni  42,1 per 100.000 penduduk. Penyakit ini dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi risikonya dapat meningkat seiring bertambahnya usia.

Jenis kanker ini dapat terjadi karena faktor tertentu, mungkin beberapa wanita memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara daripada yang lain. Tetapi, setiap wanita harus mengetahui tentang risiko kanker payudara dan bagaimana cara membantu menurunkan risikonya.

2. Kanker Serviks

Ini adalah jenis kanker tertinggi yang menyerang wanita setelah kanker payudara, yaitu sebesar 23,4 per 100.000 penduduk. Kanker serviks dapat terjadi karena infeksi kronis oleh beberapa jenis human papillomavirus (HPV). Wanita dapat terkena HPV melalui kontak kulit ke kulit secara intim, seperti hubungan seks vaginal, anal, atau oral dengan orang yang memiliki virus tersebut.

Faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks, termasuk merokok, sistem imun lemah, memiliki riwayat infeksi klamidia, obesitas, terpapar atau menjalani perawatan hormon tertentu, dan tidak melakukan tes skrining kanker serviks secara teratur.

3. Kanker Rahim

Kanker uterus alias kanker rahim atau juga dikenal sebagai kanker endometrium ini menyumbang 7 persen dari semua kasus kanker, dan 4 persen kematian akibat kanker bagi wanita. Risiko wanita terkena kanker rahim adalah 1 dari 36. Hal ini membuat kanker rahim menjadi salah satu dari macam-macam kanker pada wanita.

Risiko kanker ini dapat meningkat seiring bertambahnya usia pada wanita. Faktor yang memengaruhi kadar hormon, seperti mengonsumsi estrogen tanpa progesteron dan mengonsumsi tamoxifen untuk pengobatan kanker payudara, atau untuk menurunkan risiko kanker payudara dapat meningkatkan risiko kanker ini.

Memiliki awal periode menstruasi, menopause terlambat, riwayat infertilitas, riwayat obesitas, riwayat kanker payudara dan ovarium, atau tidak memiliki anak juga bisa meningkatkan risiko.

4. Kanker Ovarium

Kanker ovarium adalah jenis kanker yang tumbuh dalam ovarium. Ovarium merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita yang berukuran sebesar biji kenari.

Meskipun kanker ini dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi ini lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia wanita. Faktor risiko lainnya adalah wanita yang belum memiliki anak atau memiliki anak pertama setelah usia 35 tahun, menggunakan estrogen sebagai terapi penggantian hormon, dan memiliki riwayat kanker (terutama kanker ovarium dan kanker payudara).

5. Kanker Paru-Paru

Menurut American Lung Association, kasus kanker paru-paru pada wanita telah meningkat sebesar 98% selama 4 dekade terakhir. Kanker ini menempati peringkat pertama dengan jumlah kasus baru sebesar 2,094 juta di seluruh dunia.

Faktor yang paling sering menjadi pemicu kanker paru-paru adalah paparan bahan kimia dan partikel lain di udara. Sementara merokok merupakan penyebab utama kanker paru-paru. tetapi tidak semua pengidap kanker paru-paru merokok. Hal ini karena ada lebih dari separuh kasus pada wanita adalah di antara mereka yang tidak pernah merokok.

Baca Juga: Kanker: Jenis, Gejala, Penyebab, Pengobatan, Pencegahan, dll

6. Kanker Kolorektal

Ini adalah kanker yang mulai terjadi di usus besar atau rektum dan menjadi salah satu dari macam-macam kanker pada wanita. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal, termasuk obesitas, aktivitas fisik, diet tinggi daging merah dan olahan, merokok, penggunaan alkohol berat, orang tua, dan riwayat pribadi atau keluarga kanker kolorektal atau polip.

7. Kanker Kulit

Semua usia bisa terkena kanker kulit, tetapi orang berkulit putih lebih berisiko terkena kanker kulit daripada orang berkulit lebih gelap. Sebagian besar kanker kulit sel basal dan sel skuamosa terjadi karena paparan kulit berulang dan tidak terlindungi terhadap sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari, serta dari sumber buatan manusia seperti tanning bed.

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang kurang umum daripada beberapa jenis kanker kulit lainnya, tetapi lebih berbahaya karena berisiko tumbuh dan menyebar. Orang yang memiliki riwayat kanker kulit jenis lain dan orang yang memiliki anggota keluarga pengidap melanoma memiliki peningkatan risiko melanoma.

Baca Juga: 8 Pengobatan Kanker yang Paling Ampuh dan Efektif

8. Kanker Tiroid

Kanker tiroid adalah penyakit yang diperkirakan mencapai 5 persen dari semua kasus kanker dan 3 persen dari semua kematian di tahun 2017. Risiko wanita terkena kanker ini adalah 1 dari 57.

Sebagian besar kasus penyakit ini mungkin tidak dapat Anda cegah, tetapi tetap penting untuk mengetahui beberapa faktor risikonya. Sehingga jika berisiko tinggi terhadap penyakit ini, Anda dapat menjalani tes untuk mendiagnosis dan mengobati potensi perkembangan tumor sejak dini.

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker tiroid, termasuk berjenis kelamin perempuan, usia 40-50, paparan radiasi, diet rendah yodium, memiliki keluarga dengan riwayat kanker (seperti kanker tiroid meduler dan kanker tiroid lainnya.

9. Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah jenis kanker yang terjadi di usus besar (kolon). Usus besar merupakan bagian terakhir dari saluran pencernaan. Jenis kanker ini biasanya menyerang orang dewasa yang lebih tua, meskipun dapat menyerang pada usia berapa pun. Penyakit ini juga menjadi salah satu dari macam-macam kanker pada wanita.

Kanker kolon biasanya muncul sebagai gumpalan kecil sel non-kanker atau kanker jinak (polip) yang terbentuk di bagian dalam usus besar. Beberapa polip ini seiring waktu dapat menjadi kanker usus besar. Kabar baiknya adalah bahwa kanker kolon hampir sepenuhnya dapat Anda cegah.

10. Kanker Vulva

Kanker vulva adalah jenia kanker yang menyerang permukaan luar vagina. Ini kemungkinan besar berkembang di bagian bibir luar vagina. Gejala penyakit ini biasanya ditandai dengan benjolan dan sering kali menyebabkan rasa gatal. Meskipun bisa menyerang semua usia pada wanita, kanker ini sering kali terjadi pada lansia.

Cara Mencegah Kanker untuk Wanita

Guna mencegah dan membantu mengurangi risiko kanker, ada beberapa langkah yang bisa wanita lakukan. Ini terutama dengan perubahan gaya hidup.

Berikut ini beberapa langkah mencegah pada kanker:

  • Berhenti merokok (jika perokok aktif).
  • Mempertahankan  berat badan yang sehat.
  • Olahraga secara teratur.
  • Perbanyak bakan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian
  • Membatasi atau menghindari daging merah, daging olahan, dan makanan olahan lainnya.
  • Hindari minuman beralkohol. Jika meminum, tidak lebih dari 1 gelas per hari untuk wanita.
  • Melindungi kulit dari paparan sinar UV.
  • Memahami kondisi tubuh Anda, riwayat keluarga, dan risiko terhadap penyakit.
  • Melakukan pemeriksaan secara rutin dan tes skrining kanker.

 

  1. Hook, Debra-Lynn B. 2017. The Top 5 Cancers Affecting Women. https://www.everydayhealth.com/womens-health/cancers-affecting-women-today.aspx (Diakses pada 23 Agustus 2021)
  2. Levine, Hallie. 5 Most Common Types Of Cancer In Women. https://www.prevention.com/health/g20516694/5-most-common-types-of-cancer-in-women/ (Diakses pada 23 Agustus 2021)
  3. Mayo Clinic Staff. 2021. Colon cancer. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/colon-cancer/symptoms-causes/syc-20353669 (Diakses pada 23 Agustus 2021)
  4. Mayo Clinic Staff. 2019. Ovarian cancer. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ovarian-cancer/symptoms-causes/syc-20375941 (Diakses pada 23 Agustus 2021)
  5. The American Cancer Society medical and editorial content team. 2020. Cancer Facts for Women. https://www.cancer.org/healthy/cancer-facts/cancer-facts-for-women.html (Diakses pada 23 Agustus 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi