Behel Gigi Permanen Hingga Lepas Pasang Beserta Kelebihannya

macam-macam-behel-doktersehat

DokterSehat.com – Menggunakan macam-macam behel atau kawat gigi adalah salah satu cara merapikan gigi yang paling populer di masyarakat. Gigi yang lebih rapi bisa membuat orang tersenyum dengan lebih percaya diri. Tentunya kepercayan diri ini juga otomatis akan meningkatkan daya tarik seseorang.

Behel gigi atau kawat gigi sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda. Macam-macam behel ini memiliki pebedaan mulai dari material, bentuk, cara pemasangan, hingga biaya pemasangannya. Agar Anda bisa memilih behel gigi yang tepat untuk Anda, kenali macam-macam behel beserta kelebihannnya berikut ini!

Macam-Macam Behel

Berdasarkan segi penggunaannya, behel gigi dibedakan menjadi dua yaitu behel gigi permanen dan behel gigi lepas pasang. Behel gigi permanen akan dipasang sekali dan baru bisa dilepas setelah gigi sudah rapi. Behel gigi lepas pasang memungkinkan Anda untuk melepasnya pada momen tertentu seperti ketika makan atau minum.

Macam-Macam Behel Permanen

1. Behel Gigi Metal

Jenis kawat gigi yang pertama adalah behel gigi metal atau yang sering juga disebut sebagai traditional braces. Berdasarkan macam-macam behel gigi, jenis yang satu ini adalah yang paling sering digunakan. Terbuat dari bahan antikarat berkualitas tinggi dengan aplikasi braket metal di setiap gigi

Bracket yang tersambung di setiap gigi ini akan membantu menarik gigi menuju posisi yang benar. Kelebihan dari kawat gigi metal adalah harganya yang murah dan juga bentuknya yang lucu. Anda bisa menghias braket dengan karet berwarna sesuai keinginan Anda.

2. Behel Gigi Lingual

Bahan yang digunakan untuk kawat gigi lingual sama seperti behel gigi metal. Perbedaannya adalah behel gigi lingual di pasang di bagian belakang gigi. Bracket untuk lingual braces ini dibuat custom menyesuaikan dengan struktur belakang gigi yang lebih tidak beraturan.

Kelebihan dari behel gigi lingual adalah posisinya yang berada di belakang membuatnya tidak terlihat. Jadi, behel gigi jenis ini sangat cocok untuk kamu yang merasa kurang percaya diri menggunakan kawat gigi.

3. Behel Gigi Estetis

Macam-macam behel selanjutnya adalah behel gigi estetis atau dikenal juga dengan ceramic braces. Bentuk dan cara kerjanya masih sama seperti behel gigi metal, yang membedakan adalah warna kawat dan braket yang menyerupai warna gigi.

Kelebihan dari kawat gigi estetis tentu saja adalah modelnya yang lebih trendy jika dibandingkan dengan kawat gigi metal yang sangat terlihat.

4. Behel Gigi Damon

Behel gigi damon juga dikenal dengan self-ligating braces. Behel gigi damon braketnya tersedia dalam bahan metal maupun ceramic. Perbedaan behel gigi damon dengan behel gigi tradisional adalah adanya klip yang mengunci posisi behel di gigi.

Kelebihan kawat gigi damon dibandingkan macam-macam behel lainnya adalah kerjanya yang lebih. Selain itu kawat gigi jenis ini juga tidak mengharuskan Anda untuk kontrol ke dokter gigi sesering pengguna kawat gigi tradisional.

Baca Juga : Ketahui Cara Pemasangan Behel Gigi

Macam-Macam Behel Lepas Pasang

1. Invasalign

Behel lepas pasang yang pertama adalah Invisalign. Invisalign adalah jenis behel berbentuk seperti cetakan gigi berbentuk transparan. Cetakan tersebut akan membantu menggeser posisi gigi sesuai dengan yang diinginkan. Cetakan akan diganti setiap dua minggu sekali, setiap cetakan akan memberikan satu langkah menuju gigi yang lebih rapi.

Kelebihan dari behel lepas pasang ini adalah Anda bisa melepasnya ketika makan, minum, dan juga menyikat gigi. Bentuknya yang transparan juga membuatnya tidak terlalu terlihat.

2. Retainer

Tugas retainer adalah untuk menjaga agar gigi tetap pada posisi yang diinginkan setelah behel gigi permanen dilepas. Tanpa penggunaan retainer, ada kemungkinan gigi akan kembali ke posisi semula sebelum Anda memasang behel. Retainer juga seringkali digunakan pada anak, tujuannya adalah untuk perawatan gigi ringan hingga mencegah gingsul.

Penggunaan retainer pada anak sebaiknya dilakukan seharian dan dilepas ketika makan. Sedangkan untuk penggunakan retainer pasca melepaskan behel, awalnya retainer hanya boleh dilepas ketika makan, tapi setelah beberapa waktu, Anda akan diizinkan untuk menggunakannya hanya di malam hari.

Kelebihan dari retainer ini adalah sangat ringan, sehingga Anda bahkan tidak akan menyadari keberadaannya di dalam mulut Anda.

Baca Juga : Scaling Gigi: Manfaat, Prosedur, Risiko

Berdasarkan macam-macam behel gigi di atas, mana behel gigi yang menjadi pilihan Anda? Apapun yang Anda pilih, pastikan Anda mengonsultasikan permasalah gigi Anda pada dokter gigi profesional.

Jangan termakan oleh banyaknya penawaran pemasangan behel gigi dengan harga yang murah, karena semakin hari semakin banyak beredar behel gigi palsu di pasaran.