Lupa Melepas Anting Saat Tidur, Ini yang Akan Terjadi

DokterSehat.Com– Anting atau giwang adalah salah satu perhiasan yang tidak bisa dilepaskan dari kaum hawa. Bahkan, kini semakin banyak pria yang juga ikut-ikutan menggunakan perhiasan ini agar terlihat keren atau gaul. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang sampai lupa melepas antingnya sebelum tidur. Sebenarnya, apakah kebiasaan ini bisa berbahaya bagi kesehatan?

Terkena iritasi
Karena tidak dilepas, maka gesekan antara anting dengan bantal akan membuat kulit telinga mengalami iritasi. Kondisi ini bahkan bisa menjadi lebih parah jika kita memakai anting yang memiliki detail cukup rumit atau memiliki sudut yang tajam.

Anting menjadi lebih kotor dan kusam
Kulit wajah yang berminyak dan dipadu dengan kotornya bantal akan membuat anting menjadi lebih kusam dan kotor. Kecantikan dari anting yang kita gunakan tentu akan semakin memudar.

Membuat lubang tindik semakin besar
Jika kita tetap memakai anting saat tidur dan saat terlelap kita banyak bergerak, maka lubang tindik yang ada di telinga bisa saja menjadi semakin besar. Hal ini tentu akan mempengaruhi penampilan telinga kita dengan signifikan.

Menurunkan kualitas tidur
Karena masih ada anting yang mengganggu atau bahkan membuat rasa sakit, kita tentu akan kerap terbangun saat tidur. Bahkan, jika kita memakai anting dengan ukuran yang cukup besar, tidak hanya telinga yang akan terasa sakit, pipi kita juga bisa saja mengalami hal yang sama. Hal ini tentu akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita memang segera melepas anting kita sebelum tidur.