Lobak Mampu Redakan Nyeri Asam Urat?

khasiat-lobak-putih-doktersehat

DokterSehat.Com– Banyak penderita penyakit asam urat yang khawatir untuk mengonsumsi sayuran. Hal ini disebabkan oleh adanya beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan purin sedang sehingga jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan serangan dari penyakit ini. Hanya saja, apakah lobak termasuk dalam sayuran yang bisa membantu menurunkan sensasi nyeri akibat serangan penyakit ini?

Dampak makan lobak bagi penderita asam urat

Lobak sebenarnya belum begitu familiar bagi masyarakat Indonesia. Hanya saja, kini semakin banyak orang yang mulai menjadikannya olahan makanan yang lezat. Sebagaimana sayuran pada umumnya, lobak juga tinggi kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Pakar kesehatan menyebut hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa lobak bisa mampu mengatasi sensasi nyeri atau pembengkakan akibat serangan asam urat. Hanya saja, ada beberapa penelitian yang menyebut konsumsi lobak putih memang berpotensi mampu membantu meluruhkan kadar zat asam urat daari dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh pengaruh dari sayuran ini dalam membuat ekskresi atau pembuangan zat asam urat lewat urine dalam jumlah yang lebih banyak.

Selain itu, lobak termasuk dalam sayuran yang memiliki kandungan purin yang rendah. Mengonsumsinya tentu tidak akan membuat jumlah zat asam urat di dalam tubuh semakin meningkat. Dengan kadar zat asam urat yang semakin menurun, diharapkan risiko untuk terkena serangan asam urat dengan gejala nyeri, pembengkakan, hingga sensasi panas dan kaku di persendian bisa semakin ditekan.

Lobak termasuk dalam sayuran dengan kandungan kalori yang rendah, namun sayuran ini tinggi kandungan vitamin C dan serat. Jika kita mengonsumsi lobak sebanyak satu cangkir saja, maka kita sudah bisa mendapatkan 20 kalori, serat sebanyak 2 gram, dan vitamin C sebanyak 17 miligram.

Khasiat lobak lainnya

Selain bisa membantu mencegah serangan asam urat, pakar kesehatan menyebut konsumsi lobak bisa memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa memperlancar pencernaan

Lobak termasuk dalam sayuran dengan tinggi kandungan serat. Sebagaimana kita ketahui, serat memiliki kemampuan besar dalam memperlancar pencernaan. Mengonsumsi lobak secara rutin bisa membantu menurunkan risiko terkena sembelit, membuat produksi empedu semakin membaik, dan memberikan perlindungan bagi hati.

  1. Bisa memperbaiki kesehatan ginjal

Pakar kesehatan menyebut penurunan kadar zat asam urat di dalam tubuh bisa membantu menyehatkan ginjal. Selain itu, hal ini juga bisa mencegah datangnya batu ginjal.

  1. Bisa membuat jantung semakin sehat

Lobak termasuk dalam makanan dengan kandungan antosianin yang tinggi. Kandungan ini bisa memberikan perlindungan bagi jantung. Selain itu, di dalam lobak juga tinggi kandungan vitamin C, asam folat, dan kandungan flavonoid yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dengan signifikan.

Selain itu, di dalam lobak juga tinggi kandungan kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah datangnya hipertensi.

  1. Bisa membuat sistem metabolisme meningkat

Di dalam lobak terdapat vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, dan vitamin dalam jumlah yang tinggi. Selain itu, kandungan kalium, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, dan seng di dalamnya ternyata juga bisa membantu sistem metabolisme berjalan dengan lebih baik. Hal ini tentu akan membuat berat badan dan berbagai fungsi tubuh membaik.

  1. Baik bagi kondisi kulit

Lobak tinggi kandungan vitamin C, fosfor, dan seng. Kandungan ini bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dan terjaga kelembapannya. Bahkan, kandungan ini juga bisa mencegah masalah rambut rontok atau ketombe.