Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tidak tergoda dengan aroma makanan yang dibakar? Aromanya yang khas memang tidak tertahankan ya. Selain nikmat, membakar makanan harus kita lakukan dengan tepat agar makanan yang kita konsumsi menjadi benar-benar sehat.

Lima Tips Sehat Saat Membakar Makanan

Metode bakar menjadi salah satu metode yang sehat karena penggunaan minyak yang cenderung sedikit.

Namun tetap ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar metode masak bakar kita tepat dan sehat. Menurut US Departemen of Agriculture beberapa hal tersebut adalah:

1. Menjaga kualitas makanan sebelum dibakar

Pastikan makanan yang akan dibakar berada pada suhu aman makanan agar tidak terkontaminasi bakteri, selalu hindari danger zone. Misalnya bahan makanan daging, maka sebaiknya sebelum dibakar daging diletakkan pada kotak dengan suhu dingin/berisi es dibawah 40 derajat celsius. Jika daging masin belum akan digunakan maka biarkan daging berada pada kulkas atau freezer.

2. Menghindari kontaminasi makanan

Pastikan makanan berada tidak berdekatan atau memiliki wadah sendiri-sendiri. Hal ini untuk mengurangi kontaminasi bakteri dari bahan makanan yang berbeda, misalnya bakteri dari daging mentah dapat mengontaminasi sayur paprika. Sehingga sediakan wadah tersendiri untuk masing-masing makanan yang akan dibakar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

3. Pastikan kebersihan alat dan tangan

Pisau, garpu, talenan, hingga alat pembakaran harus dipastikan kebersihannya. Sebelum memegan bahan makanan kita juga harus mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

4. Memastikan alat bakar dengan tepat

Jika anda menggunakan alat bakar dengan minyak maka pastikan mengikuti instruksi cara pemakaian alat dengan tepat. Jika menggunakan arang maka pastikan arang yang Anda gunakan adalah arang berkualitas atau memiliki label penggunaan yang jelas.

5. Memastikan kematangan makanan dengan tepat

Gunakan termometer makanan untuk mengetahui tingkat kematangan dengan sempurna. Pastikan termometer mengukur di bagian tengah makanan dengan kedalaman yang pas.

Jangan lupa hindari membakar makanan hingga overcooked yang menyebabkan beberapa bagian makanan menjadi menghitam ya.

Nah, itu dia lima tips sehat saat membakar makanan. Metode masak bakar adalah metode yang cukup sehat, dengan penerapan lima tips di atas maka masakan bakar kita tentu akan lebih sehat, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi